oleh

Mengapa Saat Sedang Sedih Orang Lebih Suka Setel Musik Mellow?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebagian besar orang, mungkin juga termasuk Anda, cenderung memilih sekaligus mendengarkan musik berirama lambat/tenang saat sedang terpuruk atau sedih.

Sebuah studi menunjukkan bahwa musik yang sedih sebenarnya membantu pendengarnya merespon dengan perasaan yang positif. Dikutip dari Dreamers, para peneliti di Freie Universitas Berlin melakukan survei kepada lebih dari 70 orang dewasa untuk mencari seberapa sering dan dalam situasi seperti apa mereka mendengarkan musik sedih.

Para partisipan juga ditanya tentang jenis emosi apa yang sering ditimbulkan saat mendengarkan musik sedih. Hasilnya, setelah mendengarkan lagu mellow, tidak ada kerugian atau tekanan yang dirasakan. Partisipan justru mengalami simpati dan memiliki perasan yang sama dengan si penyanyi.

Kebanyakan orang merasa bahwa musik yang sedih dapat membuat seseorang terhibur saat mengalami masalah percintaan. Bahkan musik sedih membantu mereka mengatur suasana hati yang buruk.

Tidak peduli dalam keadaan seperti apa pun, saat seseorang mulai mendengarkan musik sedih, akan memiliki efek positif pada suasana hati. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Psychology menemukan bahwa musik sedih justru mendorong emosi romatis, dan bukannya kesedihan.

“Jika musik sedih menimbulkan emosi yang tidak menyenangkan, kita pasti tidak akan mendengarkannya,”tulis para peneliti. ** Baca juga: Fakta Diet Jus Buah & Sayur

Apakah Anda pun termasuk orang yang memilih musik mellow saat sedang bersedih? (ilj/bbs)

Berita Terbaru