oleh

Mengapa Ratu Inggris Tidak Butuh Paspor Saat Bepergian ke Luar Negeri?

Kabar6-Berbeda dengan wisatawan pada umumnya yang wajib memiliki paspor apabila hendak bepergian ke luar negeri, Ratu Inggris Ratu Elizabeth II, ternyata tidak membutuhkan paspor untuk keliling dunia.

Apa alasannya? Melansir MSN, Ratu Elizabeth II tak perlu mempunyai paspor karena seluruh paspor di negara tersebut diterbitkan atas namanya. Hal tersebut dijelaskan dalam situs Kerajaan Inggris yang berbunyi, “As a British passport is issued in the name of Her Majesty, it is unnecessary for the Queen to possess one”.

Jadi, melalui paspor yang ia keluarkan, Ratu Elizabeth II telah meminta negara yang akan didatangi warga Inggris untuk mengizinkannya mengunjungi negara tersebut. Ratu Elizabeth II hanya perlu menyebutkan bahwa ia adalah Ratu Inggris pada para petugas di negara yang dikunjungi.

Namun hal itu tidak berlaku bagi anggota keluarga kerajaan lainnya. Ya, anggota keluarga kerajaan lainnya termasuk sang suami, Pangeran Philip dan anaknya, Pangeran Charles, tetap harus menunjukkan paspor mereka saat traveling. “All other member of the Royal Family, including The Duke of Edinburgh and The Prince Wales, have passports”.

Namun, paspor keluarga kerajaan ini berbeda dengan paspor warga negara Inggris lainnya, karena akan ada instruksi khusus dan keterangan mengenai status diplomasi para anggota keluarga kerajaan. Hal ini juga mempercepat proses identifikasi mereka ketika datang ke sebuah negara.

Tidak hanya paspor, Ratu Elizabeth II juga tidak perlu memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Alasannya kurang lebih tak jauh berbeda karena semua lisensi itu dikeluarkan atas namanya. Ratu Elizabeth II juga tak memerlukan pelat nomor untuk kendaraanya.

Meskipun begitu, ada satu dokumen resmi untuk mengidentifikasinya dan dapat digunakan saat Ratu Elizabeth II berkunjung ke negara lain. Dokumen tersebut adalah akta nikah yang ia peroleh saat menikah dengan Pangeran Philip pada 1947. ** Baca juga: Para Siswa SD di Taiwan Bikin Robot dari Lego untuk Lawan Virus Corona

Sungguh menyenangkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru