oleh

Mengapa Lemak Pada Perut Sulit Hilang?

Kabar6-Salah satu hal yang sering membuat kaum hawa frustasi adalah lemak yang bergelambir pada perut. Selain tidak enak dipandang mata, mereka pun tidak leluasa memakai model baju yang sedang ngetren.

 

Berbagai usaha yang dilakukan kadang tidak juga membuahkan hasil. Mulai dari diet hingga olahraga setiap hari. Namun Anda jangan putus asa dulu, karena berdasarkan informasi dari situs Healthmeup, kita harus mengetahui sebab mengapa lemak pada perut sulit dihilangkan?

 

Berikut uraiannya:

 

1. Tidak dapat dipungkiri, pertambahan usia sangat mempengaruhi lemak di perut sulit hilang. Ketika usia bertambah, tubuh pun ikut berubah, dan tingkat hormon pertumbuhan (HGH) juga mulai menurun.

 

HGH merupakan hormon yang berguna untuk pembentukan otot dan metabolisme lemak. Alhasil, ketika HGH semakin menurun, otomatis tubuh sulit untuk membongkar lemak terutama yang ada di perut.

 

2. Olahraga yang tidak tepat justru dapat menyebabkan lemak di perut susah dikikis. Kebanyakan orang melakukan olahraga kardio untuk menurunkan berat badan.

 

Padahal, kardio seperti berlari di treadmill tidak cukup berpengaruh terhadap lingkar pinggang dan lemak di perut. Karena itulah disarankan untuk melakukan variasi olahraga dengan kardio dan angkat beban.

 

3. Kurang tidur dapat berpengaruh terhadap metabolisme tubuh, sehingga menyebabkan pembakaran lemak berkurang.

 

4. Stres akan memicu tubuh untuk memproduksi kortisol yaitu hormon stres. Hormon tersebut dapat menurunkan otot dan membuat lemak menumpuk di bagian perut. Hormon stres tersebut dapat memperbesar sel lemak yang membuat tubuh semakin menyimpan lemak. ** Baca juga: Sesekali Ganti Kopi Dengan Makanan Ini

 

5. Pola makan yang salah, misalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan, akan membuat Anda sulit untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak pada perut.

 

Jadi, kombinasi olahraga, pola makan sehat, dan jauh dari stres akan membantu Anda mengurangi lemak yang bergelambir di perut. Meskipun demikian, Anda pun tidak boleh mengesampingkan juga faktor usia. (ilj)

Berita Terbaru