oleh

Mengapa Kulit Wajah Tiba-tiba Menghitam?

Kabar6-Sudah menjadi rahasia umum jika kaum hawa sangat menjaga kulit wajahnya, agar tampak senantiasa sehat sekaligus bersinar.

 

Demi tampil cantik, mereka pun rela merogoh kocek yang tidak sedikit. Di Asia, terutama Indonesia, kulit cantik identik dengan putih dan bersih.

 

Nah, pernah Anda mengalami kulit wajah yang tiba-tiba menjadi gelap? Kondisi seperti ini disebut dengan proses pigmentasi.

 

Biasanya terjadi karena terpapar dengan sinar matahari yang terlalu lama, stres atau letih. Namun sebenarnya ada tiga faktor yang merupakan penyebab utama. Apa sajakah itu?

 

1. Melasma

Merupakan penyebab kulit cerah menjadi gelap di area yang tidak terduga, terutama wajah. Melasma terjadi karena perubahan pada hormonal saat wanita sedang hamil. Namun bisa juga karena penggunaan alat-alat kontrasepsi. Terpapar sinar matahari secara langsung juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya melasma.

 

2. Post Inflammatory Hyperpigmentation

Disebabkan karena kulit wajah mengalami iritasi atau infeksi. Dapat juga terjadi karena seseorang yang mengalami jerawat pada wajah berusaha menghilangkannya secara paksa, hingga akhirnya menimbulkan bekas. Nah, bekas inilah yang bisa menyebabkan proses Post Inflammatory Hyperpigmentation pada wajah.

 

3. Photo-Damage

Merupakan kerusakan yang terjadi pada kulit wajah, akibat perubahan warna kulit, menyebabkan timbulnya bintik-bintik menyerupai jerawat. Proses ini terjadi  karena terkena sinar matahari secara berlebihan, sehingga menyebabkan warna kulit belang tidak merata. ** Baca juga: Sehat dan Bugar Saat Puasa, Bersama Gold’s Gym

 

Jagalah kesehatan kulit wajah, salah satunya dengan menghindari serta melindungi wajah dari terpaan sinar matahari langsung. Dan jangan lupa selalu memakai tabir surya yang sesuai jenis kulit Anda. (ilj/bbs)

Berita Terbaru