oleh

Mengapa Kulit Terlihat Kusam?

Kabar6-Salah satu masalah kecantikan yang banyak dihadapi oleh wanita adalah kulit kusam. Kondisi ini tentu saja akan membuat penampilan menjadi kurang maksimal, dan Anda terlihat tidak segar.

Lantas, mengapa kulit terlihat kusam, dan bagaimana agar Anda bisa mendapatkan kembali kulit bercahaya? Melansir Sindonews, salah satu alasan utama kulit terlihat kusam adalah sel-sel kulit mati. Penumpukan kulit mati dapat membuat wajah terlihat keabu-abuan dan kusam selama bertahun-tahun. Solusinya, Anda perlu mengelupas atau memperbaharui kulit sekali atau dua kali seminggu.

Jika memiliki kulit sensitif, gunakan scrub alami buatan sendiri. Saat menggosok, lakukan pada malam hari dan tidak di pagi hari untuk menghindari kerusakan akibat sinar matahari.

Alasan lain adalah Anda mengalami dehidrasi. Kulit yang mengalami dehidrasi dari dalam akan terlihat pucat. Solusinya, perbanyak minum banyak air. Ini menjadi kunci untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Gunakan juga pelembap wajah setiap pagi dan malam hari. Jika Anda masih merasa kulit mengalami dehidrasi, gunakan minyak wajah dan serum sebelum menggunakan pelembap.

Kerusakan terburuk yang dapat dihadapi kulit adalah akibat sinar matahari, dari bintik hitam hingga hiperpigmentasi, kulit bisa kusam selama bertahun-tahun dengan paparan sinar matahari.

Mengatasinya dengan menerapkan tabir surya setiap hari. Dengan kerusakan akibat sinar matahari, kolagen kulit menjadi melemah. Untuk meningkatkan kolagen kulit, Anda dapat mulai menggunakan produk yang diresapi retinol di bawah pengawasan dokter kulit.

Polusi dapat membuat radikal bebas di kulit yang merusak kolagen. Ini dapat membuat skintone tidak rata. Solusinya, Anda harus mencuci muka untuk menyingkirkan semua kotoran dan polutan yang telah bersentuhan dengan kulit.

Para ahli menyarankan, menggunakan sikat pembersih (dengan mencuci muka) juga dapat membantu menghilangkan partikel kecil polusi. Untuk produk perawatan kulit, Anda dapat berinvestasi dalam serum dan lotion dengan vitamin C dan antioksidan.

Penyebab lain adalah stres yang dapat merusak kulit. Ketika hormon stres meningkat, darah mengalir ke organ vital dan bukan ke wajah. Ini bisa menjadi salah satu alasan utama kulit terlihat pucat. Solusinya adalah dengan membersihkan dan melembapkan. Pijat kulit dengan lembut, yang akan membantu merangsang aliran darah dan membuat kulit terlihat bercahaya. ** Baca juga: Hati-hati, Beban Berat dalam Tas Berbahaya Bagi Kesehatan Anda

Menjaga dan merawat kulit dengan tepat menjadi ‘investasi’ di masa mendatang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru