Home / Aneka Berita / Sehat / Mengapa Kita Sering Susah Tidur di Tempat Baru?
Ilustrasi/bbs

Mengapa Kita Sering Susah Tidur di Tempat Baru?

Kabar6-Pernahkah Anda merasa sulit memejamkan mata atau tidur saat menginap di luar kota? Mengapa hal ini sering terjadi? Sebuah penelitian dalam jurnal Current Biology pada 2016 lalu menemukan, otak kita akan terjaga ketika berada dalam tempat baru.

Hal ini terjadi karena otak kiri masih tetap aktif dan bereaksi terhadap suara di sekitarnya. Dibandingkan dengan otak kanan, otak kiri memiliki peran untuk berjaga-jaga dan mendeteksi adanya ancaman. Inilah yang membuat kita lebih waspada di tempat baru, entah karena suhu ruangan atau sering ganti posisi tidur karena kita sedang melindungi diri dari ancaman.

Sebuah penelitian serupa yang tertulis dalam Journal of Psychiatric Research, melansir beberapa sumber, mengungkapkan bahwa first night effect ini bisa terjadi lebih dari satu malam. Namun, Anda tidak perlu khawatir bila masih kesulitan tidur di hari berikutnya, karena otak sebenarnya sedang beradaptasi dengan lingkungan baru tersebut.

Berada di tempat baru, entah karena sedang liburan atau karena pekerjaan, juga bisa meningkatkan kadar stres Anda. Hal ini juga bisa membuat Anda makin gelisah dan tak bisa tidur. ** Baca juga: Yuk, Lakukan Diet Sesuai Kebutuhan Tubuh

Solusinya, para ahli menyarankan untuk mandi air hangat sebelum tidur, tidak memegang ponsel 90 menit sebelum tidur, dan memakai sumbat telinga agar tidak mudah terbangun karena suara-suara di sekitar Anda.(ilj/bbs)

Check Also

Yuk, Mulai Kurangi Dengar Musik Lewat Earphone

Kabar6-Demi privasi, banyak orang memaki earphone untuk mendengar musik, sambil beraktivitas. Diketahui, telinga manusia memiliki ...