oleh

Mengapa Kita Perlu Menyantap Dessert?

Ilusrasi/bbs
Ilusrasi/bbs

Kabar6-Sajian dessert sering dinamakan The final course atau The last course adalah hidangan yang disajikan setelah hidangan utama (main course) sebagai hidangan penutup, atau biasa disebut dengan istilah pencuci mulut.

Nyaris sebagian besar orang menyukai dessert usai makan besar. Namun ternyata tidak hanya nikmat di mulut, menyantap dessert usai makan bersar pun ternyata memiliki manfaat kesehatan tersendiri bagi tubuh lho. Dilansir Dreamers dari laman Life Hack, berikut uraiannya:

1. Kaya nutrisi
Ketika sedang menjalani diet karbohidrat, orang sering mengabaikan bahwa karbohidrat adalah nutrisi yang penting bagi tubuh. Meski makanan penutup bukan bentuk dari karbohidrat yang sehat, dessert merupakan indulgensi yang tepat untuk mengisi bahan bakar tubuh. Selain itu, sesuatu yang manis seperti pumpkin pie atau dark chocolate mengandung vitamin yang diperlukan tubuh seperti serat dan antioksidan.

2. Membuat bahagia
Makanan yang memiliki karbohidrat tinggi membantu otak untuk menghasilkan zat kimia seperti serotonin yang berkontribusi terhadap keseluruhan emosi. Makanan penutup akan mengubah tubuh dan pikiran dengan cara yang positif.

3. Meningkatkan kontrol berat badan
Keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis adalah salah satu penyebab gagalnya diet, sehingga orang yang berdiet akan berhenti mengkonsumsi makanan manis atau dessert.

Namun penelitian menunjukkan bahwa orang mengkonsumsi makanan penutup justru bisa sukses berdiet dalam jangka panjang. Hal ini karena tubuh akan merespon sejumlah kecil makanan penutup yang memuaskan hasrat. Jika seseorang benar-benar tidak mengkonsumsi makanan penutup saat berdiet, mereka akan lebih kalap saat sekali menyantapnya.

4. Cara mengkonsumsi lebih banyak buah
Dengan mengkonsumsi makanan penutup, kita menjadi lebih banyak memiliki kesempatan untuk mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Cukup dengan mencampurkan buah-buahan segar seperti raspberry dan blueberry dalam semangkuk yoghurt sebagai makanan penutup yang lezat.

5. Mengobati efek negatif berdiet
Menurunnya asupan karbohidrat dan gula saat berdiet membuat tubuh lesu. Meskipun penting untuk fokus pada mengkonsumsi makanan diet yang seimbang dengan biji-bijian, sayuran, dan protein, tetap perlu makanan penutup yang manis untuk membuat lebih bersemangat. ** Baca juga: Lima Makanan yang Justru Bikin Anda Lapar

So, jangan takut menutup hidangan dengan sesuatu yang manis ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru