oleh

Mengapa Kita Cepat Lelah Saat Beraktivitas?

Kabar6-Pernahkah Anda merasa cepat lelah di tengah waktu kerja? Padahal, Anda belum lama memulai aktivitas. Alhasil, konsentrasi bekerja menurun, dan hasil kerja kurang maksimal.

 

Dalam makalah Australian Safety and Compensation Council (ASCC) – Departement of employment and workplace relation, disebutkan bahwa ada beberapa hal yang mempengaruhi hal tersebut seperti jam kerja, lingkungan, pola tidur, stres kerja,  (suhu ruangan dan tingkat kebisingan).

 

Pola tidur memegang peranan penting pada saat memulai pekerjaan. Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh segar, sehingga mempengaruhi produktifitas bekerja keesokan harinya.

 

Seperti dikutip Kompas, Dr Jill Dorrian dari Centre for Sleep Research University of South Australia mengatakan bahwa konsumsi kafein dan air juga dapat mempengaruhi kebugaran seseorang.  ** Baca juga: Bangun Sistem Kekebalan Tubuh Melalui Kebiasaan Ini

 

Anda disarankan minum air putih dalam jumlah yang cukup untuk mencegah otak kekurangan cairan. Saat otak terhidrasi dengan baik maka nutrisi dan oksigen dapat disampaikan ke sel dengan baik.

 

Penyebab kelelahan dapat juga disebabkan oleh penyakit akut/ kronis. Selain itu, masalah emosional yang memicu stres dapat mempengaruhi kelelahan, termasuk nutrisi yang terkandung dalam tubuh.

 

Untuk mengatasi kelelahan saat bekerja, dianjurkan untuk mengkonsumsi cukup nutrisi, vitamin B, minum suplemen, buah dan sayur.

 

Selain itu Anda pun disarankan untuk memperbaiki pola tidur, olahraga secara rutin, serta jika Anda menderita penyakit kronis, segera diobati. (ilj)

Berita Terbaru