Mengapa Diet Rendah Kalori Tidak Bekerja dalam Jangka Panjang?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak sedikit orang yang melakukan diet rendah kalori. Meskipun berat badan berhasil turun, diet ini tidak bekerja dalam jangka panjang, sehingga pada akhirnya Anda akan kembali pada kebiasaan makan seperti sebelumnya.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Melansir magazine.job, ada beberapa alasan mengapa diet rendah kalori tidak akan bertahan lama. Dr. Jason McKeown, ahli saraf dari Inggris, mengatakan bahwa diet dengan membatasi kalori akan gagal bila penurunan berat badan dialami dengan jangka waktu yang panjang, sebab otak kita akan mengesampingkan hasilnya.

Ditambahkan dr. McKeown, otak kita sendiri nyatanya dapat mengendalikan berat badan, metabolisme, dan tingkat rasa lapar. Bahkan, otak kita mampu mengontrol tindakan selama kita sedang berusaha menurunkan berat badan.

“Otak kita memiliki pandangan yang sangat jelas tentang seberapa banyak kita harus menimbang dan kemampuan untuk mengesampingkan upaya untuk mengurangi bobot. Inilah sebabnya, ketika orang-orang melakukan diet dan kehilangan berat badan, mereka seringkali menderita, dalam sebagian besar kasus, melihat berat badan mereka naik kembali. Otak mereka terlihat tidak senang dengan berat baru yang lebih rendah,” uraiĀ  dr. McKeown.

Ditambahkan, kita semua memiliki rentang berat di mana otak kita bahagia. Jarak ini dipengaruhi secara negatif oleh diet rendah gula yang buruk. Dan satu-satunya cara untuk memengaruhi berat badan dalam jangka panjang adalah dengan mengatur ulang kembali jangkauannya. Hal ini ada hubungannya dengan,’ribuan evolusi manusia’.

Jika Anda ingin menghilangkan lemak di tubuh, sebaiknya lakukan secara pelan-pelan namun pasti. Dan jumlah total berat badan untuk diturunkan adalah sebanyak satu hingga dua pon dalam seminggu. ** Baca juga: Kesalahan Sepele Saat Memasak yang Bisa Rusak Gizi Makanan

Sementara itu, kebanyakan orang menginginkan penurunan secara instan, namun itu tidak baik. Penurunan berat badan secara bertahap harus mengarah pada gaya hidup sehat dan juga pola makan yang baik.(ilj/bbs)