oleh

Mengapa Bus Sekolah Selalu Berwarna Kuning?

Kabar6-Apakah Anda termasuk orang yang merasa penasaran, mengapa bus sekolah kebanyakan berwarna kuning? Apakah hal itu hanya kebetulan semata, atau ada alasan tertentu di balik warna kuning?

Rupanya, alasan digunakannya warna kuning untuk bus sekolah adalah karena lebih cepat menarik perhatian dibanding warna lainnya. Kabarnya, melansir Viva, saat orang melihat lurus ke depan, mereka akan bisa melihat objek berwarna kuning dari sudut matanya, meski objek itu tak ada di depannya. Dan warna kuning juga datang lebih cepat dibanding warna lainnya, bahkan meski itu warna merah sekalipun. Para ilmuwan menggambarkan ini sebagai ‘penglihatan tepi lateral untuk mendeteksi kuning adalah 1,24 kali lebih besar dibanding merah’.

Diketahui, bus sekolah membawa banyak anak, sehingga keamanannya sangat penting. Dan, warna kuning akan membuat orang yang melihat bus dengan mudah sehingga kecelakaan bisa dihindari. ** Baca juga: Terekam Kamera CCTV, Seorang Bocah Kerjakan Tugas Sekolah di Bawah Lampu Penerangan Jalan

Warna kuning juga membantu menghindari terjadinya kecelakaan dalam kondisi berkabut. Kuning juga umum ditemukan sebagai warna tanda adanya pembangunan jalan, mesin-mesin luar ruang yang bisa sangat berbahaya jika bertabrakan dengan sesuatu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru