oleh

Mengapa Banyak Orang Memilih Gunakan Alat Dapur Berbahan Kayu?

Kabar6-Selain aluminium, tidak sedikit juga rumah tangga yang menggunakan alat dapur berbahan kayu. Sebagian orang memiliki ketertarikan akan visual, karena bentuknya yang estetis.

Secara luas, ada berbagai alasan mengapa orang-orang juga mulai beralih menggunakan peralatan dapur kayu. Bukan sekadar karena bentuknya yang unik, melansir journalsociolla, ada sejumlah alasan mengapa banyak orang yang gunakan alat dapur berbahan kayu. Apa sajakah itu?

1. Tidak akan merusak alat dapur yang lain
Wajan atau penggorengan anti lengket sangat nyaman digunakan untuk memasak. Namun kenyamanan tersebut akan hilang jika Anda terus menggunakan spatula dengan bahan stainless.

Ini karena spatula tersebut akan menggores panci besi atau baja, sehingga menghilangkan fungsi utamanya. Agar memasak lebih nyaman, Anda dapat menggunakan spatula kayu yang lembut dan tidak mudah merusak alat dapur lainnya.

2. Kuman dan bakteri tidak menyukai kayu
Sebuah penelitian menunjukkan, kayu tampaknya memiliki sifat anti-bakterial yang mampu membunuh kuman alami. Kuman dan bakteri tumbuh lebih cepat pada alat dapur berbahan plastik dan logam dibandingkan kayu.

Salah satu peralatan dapur yang mungkin kerap Anda bingung memilih antara plastik atau kayu adalah talenan. Talenan plastik tidak berpori dan tidak bisa menyerap cairan dan menyebabkan permukaan membekas karena potongan pisau.

Permukaan kasar ini akan sangat sulit dibersihkan. Lain halnya dengan talenan kayu, menunjukkan kemampuan untuk menghentikan bakteri yang menempel di atas permukaannya.

3. Ramah lingkungan
Mengurangi penggunaan plastik dan tidak membuang sampah sembarangan merupakan aksi untuk melindungi lingkungan. Termasuk memilih peralatan dapur kayu, bahan alami yang bisa digunakan dalam jangka waktu panjang dan pilihan yang tepat untuk melindungi lingkungan.

4. Tidak menimbulkan rasa atau aroma aneh pada makanan
Jika Anda menyiapkan sesuatu dengan bahan-bahan asam seperti saus tomat, sendok biasa dapat bereaksi dengan kandungan tersebut.

Hal ini menyebabkan rasa logam ikut terbawa pada makanan. Kelebihan lain dari sendok kayu adalah ia tidak akan mengubah rasa pada makanan karena sifatnya yang tidak reaktif. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.

5. Kayu tidak menghantar panas
Besi dapat menghantar panas. Bayangkan, jika sewaktu-waktu mendiamkannya dalam panci panas saat sedang memasak, kemudian tidak sengaja memegangnya, Anda mungkin saja terluka.

Berbeda dengan kayu, meski berada di dalam panci panas untuk waktu yang lama, pegangannya akan tetap dingin. Sementara sendok plastik akan meleleh jika mengaduk sesuatu atau berada di dalam wajan yang panas. ** Baca juga: Saat Sakit Ada 2 Minuman yang Direkomendasikan

Apakah Anda pun memiliki peralatan dapur berbahan kayu?(ilj/bbs)

Berita Terbaru