oleh

Mengapa Ada Kantung Mata?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Apakah Anda termasuk orang yang memiliki kantung mata? Kondisi seperti ini tentu membuat pemiliknya, terutama kaum wanita, menjadi kurang nyaman karena mempengaruhi kecantikan.

Munculnya kantung mata dapat mengganggu penampilan karena membuat wajah seseorang terlihat lelah dan lebih tua. Dikutip dari Ledisia, ada enam penyebab terjadinya kantung mata:

1. Faktor usia
Kantung mata yang timbul di bawah mata adalah salah satu pertanda usia semakin menua. Hal ini wajar, mengingat seiring bertambahnya usia, kulit pun akan semakin mengendur.

Kulit menjadi kurang elastis sehingga tidak bisa menahan lemak di bawah kulit dengan sempurna, dan lemak tersebut akan terperangkap di rongga bawah mata. Lemak-lemak itulah yang akan membuat mata seperti berkantung.

2. Faktor keturunan
Jika ayah atau ibu memiliki masalah dengan kantung mata, maka kemungkinan besar Anda pun akan mewarisinya. Tidak menutup kemungkinan kantung mata ini akan muncul meski usia Anda masih muda.

3. Pola tidur yang tidak sehat
Pola tidur yang baik akan memengaruhi kesehatan Anda, baik organ tubuh dan juga kulit. Kurang tidur akan memicu stres dan mengganggu kesehatan kulit. Selain itu, kurang tidur akan membuat mata tampak lelah dan tidak fresh, sehingga memicu timbulnya kantung dan lingkaran hitam pada mata. Sebaliknya, terlalu banyak tidur pun akan membuat mata terlihat bengkak. Karena itulah, menjaga pola tidur yang teratur sangatlah penting.

4. Perubahan hormon
Hal ini wajar terjadi pada wanita. Perubahan hormon ini biasanya muncul pada saat masa kehamilan dan menstruasi, yang akan menyebabkan wajah menjadi bengkak dan timbul kantung mata karena penyimpanan cairan di bawah mata.

5. Kurang konsumsi makanan sehat
Kurang memperhatikan asupan gizi akan menimbulkan efek buruk pada tubuh, salah satunya kulit. Kekurangan vitamin B, E, C dan K bisa jadi penyebab timbulnya kantung di bawah mata. ** Baca juga: Terbukti, Makanan Ini Bisa Bikin Bahagia

6. Konsumsi makanan yang mengandung sodium dan minuman beralkohol secara berlebihan
Makanan yang mengandung sodium juga memicu munculnya kantung di bawah mata. Sodium adalah bagian dari garam. Makanan dan minuman berkaleng serta junk food biasanya mengandung kadar sodium yang cukup tinggi.

Sodium dapat menyebabkan timbulnya kantung mata karena dapat memicu penyerapan cairan di rongga bawah mata. Sedangkan minuman beralkohol bisa membuat tubuh dehidrasi. Tubuh yang mengalami dehidrasi akan mengakibatkan jaringan kulit di bawah mata menjadi tidak lagi kencang dan lembek.

Lakukan pencegahan sedari dini dengan menjalankan pola hidup sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru