oleh

Mengaku Terlalu Cantik, Wanita Rusia Ini Susah Dapat Pekerjaan

abar6-Memiliki wajah cantik tampaknya bukan hal yang disukai Irina Kova. Wanita asal Rusia ini sepertinya sedikit menyesal lantaran memiliki wajah yang terlalu cantik.

Mengapa demikian? Melansir myjoyonline, mempunyai wajah cantik justru membuatnya kesulitan mendapatkan pekerjaan. Irina dianggap tidak memiliki kemampuan apa-apa dalam pekerjaan profesional dan dianggap hanya bermodal wajah cantik semata. Fiketahui, sebelumnya Irina bekerja di bidang pengembangan bisnis, sehingga harus menjalin relasi dengan banyak orang.

Karena itulah banyak yang percaya kalau Irina memanfaatkan penampilannya tersebut untuk ‘menggoda’ para klien sehingga kariernya terus menanjak.

Irina sendiri adalah lulusan sarjana hukum ternama dan mempunyai pengalaman kerja yang tak bisa dipandang sebelah mata. Namun, saat pindah pekerjaan dan dalam proses wawancara untuk mendapatkan pekerjaan baru, dia malah mendapatkan kesan negatif karena wajah cantiknya. Irina juga diminta untuk mengubah warna rambutnya yang pirang menjadi lebih gelap.

Beberapa tempat di Eropa memang masih percaya kalau wanita cantik berambut pirang adalah orang yang ‘tidak tau apa-apa’. Mereka selalu diasosiasikan dengan hal-hal negatif. Tidak hanya itu, Irina juga dituntut untuk memakai kacamata agar terlihat lebih profesional.

“Mereka bilang aku tidak akan pernah mendapatkan pekerjaan jika seperti ini. Setelah aku mewarnai rambutku, aku ditawari lebih banyak pekerjaan. Aku bahkan mulai memakai kacamata bening, meskipun penglihatanku sempurna, agar terlihat lebih profesional,” keluh Irina.

Alasan lain yang sering diberikan kepadanya saat sedang melamar pekerjaan adalah, mereka tidak bisa mempekerjakan Irina karena takut pekerja pria akan terdistraksi. Sosok Irina yang cantik malah dianggap bisa membuat pekerja pria tidak konsentrasi dan menyebabkan keretakan dalam rumah tangga.

“Aku juga jarang memakai make-up, dengan penampilanku seperti ini ya tidak perlu. Ketika kamu memiliki bibir dan mata yang besar, kamu tetap menarik banyak perhatian,” kata Irina.

Karena terus mendapatkan diskriminasi saat melamar kerja, Irina kini berencana untuk memulai usaha ritelnya sendiri. Dia akan menjual pakaian vintage secara online untuk mencari nafkah. ** Baca juga: Tertangkap Kamera, Seekor Babun Culik Bayi Singa

Ternyata cantik itu merepotkan, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru