oleh

Mendatang Ada Hotel Khusus untuk Kuda Laut Australia

Kabar6-Rusaknya habitat laut di perairan Sydney Harbour, termasuk serangkaian badai dahsyat antara 2010 dan 2013 telah merusak habitat kuda laut. Karena itulah David Harasti terobsesi membangun hotel di sekitar Sydney Harbour.

Hal yang berbeda, melansir abc.net.au, hotel khusus ini dibangun untuk kuda laut putih Australia yang terancam punah. Harasti membangun prototipe hotel kuda laut pertama pada 2018 , dan langsung ditempati. “Semua orang menyukai hotel kuda laut,” katanya. “Itu nyata, jika kamu membangunnya, mereka akan datang.”

Pada 2020, ekspansi rantai hotel Harasti bakal ekspansi dalam skala besar. Para ahli di Sea Life Sydney Aquarium saat ini membiakkan ikan. Begitu mereka cukup besar, bayi-bayi tersebut akan ditandai dan dilepaskan di sekitar hotel kuda laut.

Apabila berhasil, dikatakan Harasti, hotel kuda laut bisa menjadi situs terumbu karang di seluruh dunia. “Jika kami kehilangan habitat ekosistem laut, kami kehilangan kuda laut,” jelasnya.

Ide hotel untuk kuda laut tercetus setelah Harasti menyelam di sekitar Sydney Harbour. Dia sering memata-matai sekelompok kecil kuda laut berada di perangkap lobster.

Ia juga mendapati kuda laut pada jaring hiu. Harasti segera menyadari bahwa kuda laut tertarik pada struktur berkisi-kisi itu, yang menawarkan banyak pegangan untuk ekor melingkar mereka.

Batch pertama pembangunan hotel berjumlah 18 unit pada awal 2018. Pada akhir tahun, 65 kuda laut putih Australia mulai menempati hotel-hotel itu.

Jaring-jaring tersebut dalam setahun kurang, ditempati pula gurita, ikan, hiu wobbegong, ganggang tetangga, karang, dan spons. ** Baca juga: Sebuah Perusahaan Asal AS Klaim Ciptakan Tepung Pembuat Daging dari Udara

Semula, hotel-hotel itu direncanakan sebagai rumah sementara, namun kuda-kuda laut itu justru menjadi penduduk tetap. Lalu membuat karang tumbuh, dan selanjutnya plankton, copepods, amphipods, dan hewan kecil lainnya yang menjadi mangsa kuda laut, “Keberhasilan hotel tergantung pada apa yang terakumulasi pada mereka,” kata Harasti.

Setelah hotel-hotel itu diletakkan di dasar laut, ekosistem pelan-pelan terbentuk yang dimulai dengan kedatangan kuda laut. Uniknya, mereka menetap dan mampu mendorong untuk berkembang biak.(ilj/bbs)

Berita Terbaru