oleh

Mendadak Tenar, Guru Muda Asal Filipina Ini Punya Wajah Bak Murid Sekolah

Kabar6-Saat berjumpa dengan Ian Manga, Anda pasti akan mengira pria tersebut adalah murid Sekolah Dasar (SD). Mengapa bisa begitu? Ya, meskipun sudah berusia 23 tahun, pria ini memiliki wajah seperti anak-anak.

Manga adalah seorang guru yang mengajar murid TK dan SD kelas 3 di Sekolah Mater-El-Roi, Bulacan, Filipina. Manga, melansir Asiaone, dijuluki sebagai ‘guru dari Bulacan yang berwajah seperti anak-anak’. Dikatakan Manga, pertumbuhan badannya terhambat saat masih kecil karena sering sakit. Manga yang memiliki tinggi badan 162 cm ini, saat duduk di sekolah menengah tidak mengalami puberitas

Saat beranjak dewasa, Manga merasa tidak seperti teman-teman lainnya. Ia sering dikira sebagai adik laki-laki dari teman sekelasnya atau bahkan anak mereka. Orang asing juga akan mengejek dan memanggilnya bocah.

“Abaikan mereka tetapi juga buktikan bahwa kamu bisa melakukannya, buktikan mereka salah,” kata Manga.

Benar saja, Manga berhasil membuktikan ucapannya. Ia lulus Ujian Lisensi Guru (LET) yang terbilang tidak mudah, di mana hanya 27 persen peserta tes yang lulus. Diketahui, lulus ujian LET adalah salah satu persyaratan untuk menjadi guru di Filipina.

Pria itu memilih profesi guru mengikuti jejak ibunya yang juga seorang guru. Wajahnya yang sangat muda ternyata membawa keuntungan tersendiri, khususnya saat berhadapan dengan murid-muridnya.

Menurut Melanie Gerolia, guru dan rekan Manga di sekolah, pria itu memiliki hubungan khusus dengan anak-anak dan tidak pernah bosan untuk bermain dengan mereka.

“Aku merasa seperti kakak laki-laki bagi murid-murid ku karena kami selalu bermain bersama. Tetapi, di sisi lain saya juga berusaha untuk membuat anak-anak itu menganggap saya seperti guru,” ujar Manga.

Dijelaskan, ia berusaha menjadi guru yang pandai menjaga sikap, mencoba mempertahankan sikap tegasnya saat dalam kelas. “Ketika saya mengajar, saya akan menjadi lebih serius. Mereka (murid) juga menganggap lebih serius,” tuturnya. ** Baca juga: Saffron, Bumbu Dapur yang Dijual Rp140 Juta per Kilogram

Agar terlihat seperti seorang guru, ia juga mengenakan pakaian longgar dan sepatu kulit yang kaku. Manga sangat yakin, guru adalah sosok panutan bagi murid-muridnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru