oleh

Mendadak Pusing, Kenali Penyebabnya

Kabar6-Mungkin Anda pernah merasa mendadak pusing saat sedang beraktivitas. Meskipun tergolong sakit ringan dan tidak mengancam nyawa, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya, lho.

Pusing bisa jadi adalah gejala penyakit dan masalah kesehatan lain yang tidak Anda sadari. Melansir idntimes, ini sejumlah penyebab mengapa Anda tiba-tiba merasa pusing:

1. Dehidrasi
Saat cuaca sedang terik, Anda mudah mengalami dehidrasi. Tanpa cairan yang cukup, volume darah akan turun, sehingga tekanan darah akan menyebabkan otak kurang mendapat asupan darah yang kaya oksigen.

Sakit kepala ringan pun akan terjadi saat dehidrasi. Ketika kepala mulai pusing, konsumsi 1-2 gelas air bisa memperbaiki kondisi Anda.

2. Tekanan darah rendah
Menurut laman Harvard Health Publishing, sistem saraf otonom akan mengatur perubahan tekanan darah ketika kita berdiri. Seiring bertambahnya usia, sistem ini bisa memburuk dan menyebabkan penurunan tekanan darah sementara saat kita berdiri. Hal ini dikenal sebagai hipotensi ortostatik dan menyebabkan sakit kepala ringan.

3. Kadar gula darah rendah
Menurut Dr. Shamai Grossman dalam laman Harvard Health Publishing, kadar gula darah yang rendah bisa memicu munculnya rasa pusing.

Dijelaskan, ketika kadar gula darah tidak mencukupi akan membuat sistem dalam tubuh menggunakan energi sesedikit mungkin. Efeknya, kita akan merasa pusing dan bingung.

4. Infeksi
Siapa sangka kalau infeksi bisa menyebabkan pusing? Misalnya, radang saraf di telinga bisa memunculkan perasaan pusing tiba-tiba. Gejalanya adalah telinga berdengung, sulit mendengar, mual, demam dan sakit telinga. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri.

5. Konsumsi alkohol
Konsumsi minuman beralkohol terlalu banyak bisa menyebabkan pusing. Alkohol akan menipiskan darah serta mengubah keseimbangan cairan di telinga bagian dalam.

Selain itu, alkohol akan mengiritasi perut dan membuat kita mual. Tak hanya pusing, gejala lainnya adalah wajah memerah, bicara tak jelas dan refleks menjadi lambat.

6. Serangan panik
Bukan hanya hal yang bersifat fisik, pusing juga bisa disebabkan oleh masalah mental. Salah satunya adalah anxiety attack atau serangan kecemasan.

Serangan panik terjadi ketika kita dihadapkan dengan stres yang ekstrem dan tiba-tiba. Akibatnya, kita menjadi pusing, mual, detak jantung cepat, sesak napas, gemetar dan berkeringat. ** Baca juga: Survei Sebutkan, Bau Keringat Pria yang Banyak Makan Sayur Paling Seksi

Dengan mengenali penyebab pusing mendadak, Anda dapat dengan mudah menanganinya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru