oleh

Mencium Bau Makanan Bisa Bikin Gemuk?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Indera penciuman membantu Anda dalam menikmati makanan. Namun, tahukah Anda bahwa menurut para peneliti, indera penciuman ini tanpa sengaja bisa saja menjadi penyebab kegemukan?

Di sisi lain, orang yang memiliki gangguan pada indera penciuman bisa menipu tubuhnya agar berpikir bahwa dirinya telah merasa kenyang.

Dari hasil penelitian yang menggunakaan tikus sebagai objeknya, dilansir Aura, para peneliti mengungkapkan bahwa tikus gemuk yang memiliki indera penciuman buruk dapat kehilangan berat badan pada diet tinggi lemak yang dilakukan.

Sementara pada tikus lain yang memiliki indera penciuman normal, dapat membuat berat badan mereka meningkat hingga dua kali berat badan normal mereka. ** Baca juga: Benarkah Mulai Usia 35 Tahun Berat Badan Susah Turun?

Hasil tersebut menunjukan bahwa bau dari apa yang kita makan bisa menjadi peran penting bagaimana tubuh berhubungan dengan kalori. Ini juga menunjukan adanya kaitan antara penciuman atau sistem bau dengan daerah otak yang mengatur metabolisme.

“Studi ini menunjukkan jika kita memanipulasi apa yang kita rasakan, kita benar-benar dapat mengubah bagaimana otak merasakan keseimbangan energi dan bagaimana otak mengatur keseimbangan energi,” ujar Celine Riera dari Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles.(ilj/bbs)

Berita Terbaru