oleh

Menata Kamar Tidur Anak Agar Energi Positif Timbul

ilustrasiKabar6-Selain sebagai tempat beristirahat, kamar anak seringkali berfungsi ruang bermain. Karena itulah penataan untuk kamar anak merupakan perpaduan antara cerah untu siang hari, dan damai untuk malam hari.

 

 

Keseimbangan antara keduanya berpengaruh pada pilihan lokasi, arah tempat tidur, dan dekorasi. Kebanyakan orangtua menganggap bahwa kamar anak yang ideal adalah kamar yang dapat membuat anak tidur nyenyak di malam hari. Tetapi harus pula diketahui, energi chi dalam ruangan itu harus mendukung kebutuhan anak yang terus berkembang terhadap aktivitas dan rangsangan.

 

Terkadang dalam satu kamar, dihuni oleh dua atau lebih anak. Hal itu sbenarnya dapat menimbulkan gesekan. Jika Anda meletakkan posisi tempat tidur pada arah yang sama, hubungan di antara anak-anak akan lebih harmonis. Sementara itu bila hubungan Anda dan anak kurang harmonis, sebaiknya baik tempat tidur Anda maupun tempat tidur anak diletakkn pada posisi yang sama, setidaknya untuk jangka waktu pendek atau sampai masalah terselesaikan.

 

Kamar tidur anak idealnya terletak di timur dan tenggara rumah Anda, agar  terpapar oleh cahaya matahari di saat fajar. Untuk anak yang cenderung hiperaktif, letak kamar tidur disarankan menghadap barat agar mendapat sinar matahari di siang hari.

 

Kamar tidur yang menghadap timur mengandung energi chi muda dan bersemangat, yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan. Energi timur bersifat aktif dan melambangkan matahari terbit, yang menunjukkan awal mula kehidupan seorang anak.

 

Sementara kamar yang berada di tenggara, mendukung pertumbuhan dan aktivitas hidup. Energi chi di tenggara bersifat lebih lunak dibanding timur, dan dapat mendorong perkembangan hidup yang lebih harmonis. Arah tenggara cenderung lebih tenang untuk tidur. Arah Barat mengandung energi chi yang tenang dan merupakan lokasi terbaik untuk tidur tenang pada malam hari.

 

Ada beberapa hal yang harus dihindari pada kamar anak:

 

1. Pada malam hari, kamar tidur harus tertutup, termasuk jendela tertutup oleh tirai. Hal ini akan menenangkan aliran energi sehingga anak bisa tertidur dengan mudah.

 

2. Jangan meletakkan kepala tempat tidur di bawah jendela, karena energi chi di sini lebih aktif dan mungkin bisa menghambat tidur.

 

3. Hindari radiasi elektrik dengan tidak meletakkan TV, video, dan komputer dalam kamar anak.

 

4. Perhatikan energi chi api yang aktif dan baik di kamar anak dengan menggunakan warna biru sebagai latar, dengan nada yang lebih lembut, sehingga yin agar terasa tenang. Aksen hijau cerah, kuning, dan biru juga harmonis dan menimbulkan semangat. Dinding polos dan bed cover bersifat lebih yang, akan membantu mengurangi kesan berantakan dalam kamar. Kuning harmonis di segala arah. Untuk lebih menenangkan, gunakan nada pastel lembut dengan menambahkan warna ungu pucat.(ilj)

**Baca juga: Hindari Bentuk Asimetris Pada Ruangan.

Berita Terbaru