oleh

Menangis Bantu Turunkan Berat Badan?

Kabar6-Selama ini, orang yang mudah memangis sering disebut rapuh dan cengeng. Padahal, menangis memiliki sejumlah manfaat, terutama bagi mereka yang ingin memiliki tubuh langsing.

Menurut studi baru yang diterbitkan di AsiaOne, melansir Kompas, ketika kita menangis hormon kortisol dilepaskan dalam tubuh kita. Peningkatan kadar hormon kortisol dalam tubuh menyebabkan hilangnya lemak. Selain itu, air mata yang muncul karena stres membantu menghilangkan zat beracun dari tubuh kita, dan itu bagus untuk menurunkan berat badan.

Temuan penelitian ini juga didukung seorang ahli biokimia terkena bernama William Frey. Bagi seseorang yang sulit meneteskan air mata, mungkin sulit untuk mendapatkan manfaat tersebut. Menurut penelitian, lemak akan terbakar saat menangis jika air mata tersebut benar-benar asli bukan dibuat-buat.

Ada tiga jenis air mata yaitu air mata basal, refleks, dan psikis. Air mata basal adalah air mata yang menjaga kelembapan mata kita. Air mata refleks adalah air mata yang kita tumpahkan tanpa sengaja karena asap atau polusi. Sementara air mata psikis dihubungkan dengan perasaan dan emosi manusia yang sebenarnya.

Jadi, hanya air mata psikis yang dapat memberi manfaat penurunan berat badan tersebut. Berapa jumlah kalori yang terbakar saat menangis? Saat istirahat, otot jantung kita membakar sekitar 8,5 kalori dalam satu jam. Ketika kita secara emosional tertekan, detak jantung kita meningkat.

Denyut jantung yang meningkat dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar oleh otot jantung. Menangis dapat membakar sejumlah kecil kalori. Selain itu, riset membuktikan pukul 19.00 hingga pukul 22.00 adalah waktu terbaik untuk melepaskan emosi negatif, khususnya dengan menangis, karena efek pelepasan kortison berada pada puncaknya selama jangka waktu ini.

Saat kita merasa sedih dan ingin menumpahkan air mata, jangan ragu untuk melakukannya. Menangis tak hanya membantu kita melampiaskan perasaan tetapi juga membantu tubuh tetap bugar.

Tidak hanya itu, menangis juga bisa menghilangkan stres, memperbaiki suasana hati dan meningkatkan penglihatan serta melindungi mata.

Namun, terlalu banyak menangis mungkin merupakan sinyal depresi. Gejala umum lainnya adalah berkurangnya nafsu makan. ** Baca juga: Ini 6 Jenis Seafood Terbaik yang Berikan Manfaat Besar untuk Kesehatan

Seseorang yang mengalami depresi klinis bisanya kerap menangis dan kehilangan berat badan, yang bisa jadi karena kehilangan nafsu makan. Jika mengalami hal yang sama, segera berkonsultasi dengan dokter.(ilj/bbs)

Berita Terbaru