oleh

Menakutkan, 6 Spesies Katak Terbesar di Dunia

Goliath frog.(newsnscience)
Goliath frog.(newsnscience)

Kabar6-Katak adalah hewan yang hidup di dua alam, yaitu di air tawar dan di darat, merupakan pemakan serangga. Jika selama ini Anda hanya melihat katak yang berukuran biasa, mungkin enam jenis katak ini akan membuat Anda lari terbirit-birit. Penasaran? Berikut adalah enam jenis kataka, dikutip dari Kejadian Aneh, yang disebut sebagai katak terbesar di dunia:

1. African Bullfrog
Katak ini dipercaya sudah ada di Bumi sejak 188 juta tahun lalu. Jenis African Bullfrog bisa mencapai panjang 23 cm, diukur dari kepala sampai bokong, dengan berat mencapai dua kilogram. Katak jantan rata-rata ukuran tubuhnya jauh lebih besar dibandingkan dengan betina.

2. American bullfrog
Ukuran pejantan American Bullfrog bisa mencapai 21 cm dengan berat 1,7 kg. Ukuran tubuh betina bisa lebih besar dibandingkan pejantannya.

Cane Toad.(natgeotv.com.au)
Cane Toad.(natgeotv.com.au)

3. Cane Toad
Terkenal juga dengan nama katak tebu atau katak beracun. Konon, jika terkena air seninya Anda bisa buta. Ukuran tubuh katak dewasa rata-rata 10 sampai 15 cm. Namun ilmuwan pernah menemukan ukuran super jumbo yang mencapai 24 cm.

4. Katak Raksasa Enrekang
Katak ini mencapai berat sekira 1,5 kg. Populasi katak raksasa ini berhabitat asli di Sulawesi, Maluku dan Papua. Sayang, katak ini sudah langka dan terancam punah.

5. Goliath frog (Conraua goliath,giant slippery frog)
Ukuran tubuhnya dapat mencapai 33 cm, dengan berat tubuh 3,3 kg. ** Baca juga: Gila! Screenshot Ini Dihargai Rp1 Miliar

6. Devil Frog
Ukuran katak yang habitat aslinya di Madagaskar ini bisa mencapai 42 cm, dengan berat yang bisa mencapai 4,8 kg. Sayangnya katak ini sudah hidup sejak 65 sampai 70 tahun lalu, dan dinyatakan sudah punah.

Hii….menakutkan, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru