oleh

Menahan Sakit dengan Berteriak ‘Aduh’ Bantu Rasa Nyeri Berkurang

Kabar6-Saat terantuk meja atau tersandung batu, kita otomatis akan berteriak ‘aduh’ atau teriakan lainnya yang menunjukkan rasa sakit tersebut. Ternyata, teriakan itu bukan sekadar ekspresi kesakitan, lho.

Teriakan kesakitan terbukti secara ilmiah dapat membantu Anda mengatasi rasa nyeri yang sedang dialami. Dalam penelitian yang dilakukan di the National University of Singapore, melansir Sheknows, para peneliti mengamati perilaku orang yang sedang kesakitan dan bagaimana reaksi mereka.

Pada penelitian ini, para peserta diminta untuk memasukkan tangan mereka ke dalam air yang sangat dingin sebanyak empat kali. Kemudian mereka diminta untuk berteriak ‘aw’ atau diminta untuk mendengarkan orang lain berkata ‘aw’ atau diminta untuk menekan sebuah tombol atau diminta untuk menahan rasa sakit tersebut dengan bersikap pasif dan tenang (diam).

Hasilnya, peserta penelitian yang mengekspresikan rasa sakitnya ternyata tidak merasakan rasa nyeri yang sama dengan orang yang tidak menunjukkan ekspresi apa pun saat merasa nyeri. Mereka tidak merasa terlalu sakit dan dapat merasa lebih baik tidak lama kemudian.

Para peneliti menduga, pergerakkan otot yang diperlukan untuk berteriak atau untuk menekan tombol saat merasa nyeri dapat mengganggu penghantaran sinyal rasa nyeri dari lokasi nyeri ke otak. ** Baca juga: Adakah Dampak Hubungan Cinta Terhadap Kesehatan?

Jadi saat merasa nyeri atau sakit, jangan malu untuk berteriak.(ilj/bbs)

Berita Terbaru