oleh

Menag Suryadharma Ali Buka Pionir VI PTAIN di Serang

Kabar6-Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali membuka Pekan Ilmiah, Olah Raga, Seni, dan Riset (Pionir) VI Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) tingkat nasional di Serang, Banten, Senin (19/8/2013).

Event ini berlangsung sejak hari ini hingga 24 Agustus 2013 di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin, Serang, Banten.

“Agenda rutin PTAIN ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan kualitas pendidikan PTAIN yang unggul, terutama dalam pengembangan di bidang riset, olah raga, dan seni mahasiswa PTAIN se-Indonesia,” kata Suryadharma Ali dalam acara seremonial yang diawali dengan defile para kontingen dari 53 PTAIN se-Indonesia di GOR Stadion Maulana Yusuf Kota Serang.

Dalam event tersebut, diikuti 2.037 mahasiswa-mahasiswi dari 6 UIN, 16 IAIN, dan 31 STAIN se-Indonesia. Mereka akan berkompetisi dalam perlombaan ilmiah, olahraga, seni, dan riset.

Pionir VI memperlombakan 16 perlombaan, meliputi perorangan dan beregu, dan terbagi menjadi empat cabang.

Yakni cabang ilmiah (debat Bahasa Arab, debat Bahasa Inggris, dan Musabaqah Karya Ilmiah Al-Quran), cabang olah raga (futsal, volley ball, tenis meja, bulu tangkis, catur, panjat tebing, dan pencak silat), cabang seni (musabaqah tilawah al-Quran, musabaqah hifdzil Quran, pop Islami, design busana muslim, dan kaligrafi), dan cabang riset (karya tulis).(bbs/jus)

Berita Terbaru