Membekukan Makanan di Freezer Tidak Boleh Sembarangan, Lho

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Agar makanan bisa bertahan lama, salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan menyimpan makanan di frezeer. Meskipun demikian, membekukan makanan di frezeer tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena kualitas makanan bisa terganggu.

Academy of Nutrition and Dietetics, dilansir doktersehat, menguraikan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membekukan makanan dengan benar. Hal yang pertama adalah memastikan dan selalu memantau suhu frezeer yang aman, yaitu di bawah 0 derajat celsius. Jika Anda masih belum yakin, maka menggunakan termometer khusus untuk frezeer.

Diketahui, hampir seluruh bahan makanan dapat dibekukan antara lain seperti sayur potong, daging, seafood, hingga saus dan telur dengan cangkang bisa dibekukan. Pastikan lama masa simpan masing-masing jenis bahan makanan dalam frezeer. Mencatat kapan mulai membekukan bahan makanan penting dilakukan agar makanan yang dibekukan bisa kita gunakan sebelum lewat masa simpannya.

Makanan yang akan dibekukan sebaiknya dimasukkan dalam wadah tertentu, misalnya toples atau gelas kaca, wadah plastik atau plastik dengan wrap khusus. Penggunaan alumunium foil juga dianjurkan untuk mencegah adanya frezeer burn (bagian kering berwarna putih) di bahan makanan. ** Baca juga: Beberapa Penyakit yang Anda Alami Bila Tinggal di Wilayah Bising

Meskipun menyimpan makanan di frezeer bisa membuat lebih awet, Anda tetap harus memeriksa makanan saat akan mengolah atau mengonsumsinya.(ilj/bbs)