oleh

Memalukan! Anggota Parlemen Nigeria Pura-pura Pingsan Saat Ditanya Perihal Dana Publik yang Hilang

Kabar6-Insiden memalukan terjadi dalam sebuah rapat parlemen. Seorang anggota parlemen di Nigeria bernama Daniel Pondei diduga pura-pura pingsan saat dicecar pertanyaan perihal dana yang hilang.

Dalam rekaman video yang beredar, melansir News18, tampak Pondei terus menunduk, seakan mencoba menghindari pertanyaan selama sesi parlemen. Beberapa detik kemudian, terlihat adegan di mana rekan-rekannya membangunkan Pondei, dan salah satu politisi bahkan sampai mencoba membuka mulut Pondei, yang menjabat sebagai direktur pelaksana sementara untuk Komisi Pembangunan Delta Niger (NDDC).

Saat rapat parlemen berlangsung, Pondei ditanyai perihal hilangnya dana untuk kelompok terkait dengan organisasi kemanusiaan, bernama Save Lives Of Niger Delta People, yang nilainya mencapai lebih dari Rp19 miliar.

Tidak jelas bagaimana dana itu bisa ditilap, dan apakah hanya Pondei yang bertanggung jawab. Namun dalam video yang beredar, Ketua DPR Nigeria bertanya soal pengeluaran Pondei. “Apakah Anda tahu bahwa setiap pengeluaran yang Anda lakukan sejak 31 Mei hingga saat ini…?” tanya ketua DPR.

Pondei pun terlihat tetap menunduk, tangannya berada di atas meja, seolah-olah akan tersungkur. Ia terus menatap ke bawah, mata Pondei juga tampak berputar-putar. Pada saat itulah, tiba-tiba, orang-orang di sekitar Pondei menyadari ada yang tidak beres.

Seseorang yang duduk di belakang Pondei segera melompat, mengulurkan tangan untuk memeriksa pejabat yang tengah berakting itu. Namun Pondei tetap pada posisinya, tidak merespons sama sekali. ** Baca juga: Kesal Karena Istri Kerap Beri Sumbangan, Pria di Rusia Bakar Gereja

Karena curiga, politisi tadi kemudian menarik Pondei. Aksi politisi itu lalu diikuti oleh anggota DPR lain, yang berusaha membangunkan Pondei. Hingga, seorang pejabat akhirnya membuka mulut Pondei lebar-lebar dan menarik lidahnya. Seketika itu juga, Pondei terlihat gelagapan dan terbangun.

Diketahui, NDDC menuai kecaman atas salah urus dana besar-besaran. Namun lembaga itu bersikeras bahwa semua pengeluaran berjalan sesuai dengan prosedur, dengan sebagian dana digunakan untuk pengelolaan pandemi COVID-19.

Dalam insiden serupa lainnya di tahun yang sama, Pondei juga dilaporkan mengalami pingsan secara tiba-tiba saat diperiksa anggota parlemen. Sementara itu, Pondei mengungkap dalam sebuah wawancara dengan Vanguard, bahwa dia memiliki tantangan kesehatan yang ‘misterius dan tak dapat diprediksi’.

Namun publik tetap mengira Pondei hanya berpura-pura pingsan. Saat video pingsannya viral, beberapa warganet pun mencoba membela, menyebut bahwa Pondei mungkin sedang mengalami serangan stroke.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email