oleh

Memaafkan Orang yang Berbuat Salah Punya Efek Positif Bagi Kesehatan Mental

Kabar6-Harus diakui, memaafkan memang bukanlah hal yang mudah, terlebih apabila orang tersebut sangat menyakiti Anda. Namun tahukah Anda, menyimpan dendam juga akan berdampak buruk pada kesehatan mental?

Ya, memaafkan kesalahan seseorang memiliki sejumlah efek positif. Melansir magforwomen, ada sejumlah alasan mengapa Anda sebaiknya memaafkan orang yang telah berbuat salah.

1. Anda menyakiti diri sendiri
Saat Anda berpikir negatif mengenai seseorang dan terus teringat akan rasa sakit hati yang disebabkan oleh orang tersebut, maka Anda juga akan menyakiti diri sendiri. Hal ini karena apa yang Anda lakukan tidak akan membuat orang tersebut sadar akan kesalahannya.

Rasa dendam Anda tidak akan berpengaruh padanya. Sebaliknya, Anda adalah satu-satunya pihak yang dirugikan. Orang yang menyakiti Anda bahkan tidak pernah memikirkan mengenai Anda dan perbuatan yang telah dilakukannya. Jadi, Anda sudah menyia-nyiakan waktu dan energi hanya karena memikirkan berbagai hal yang tidak mungkin berubah.

2. Anda membiarkan orang tersebut selalu ada dalam pikiran
Memikirkan orang yang bersalah pada Anda atau kesalahannya tidak hanya dapat menyakiti diri Anda sendiri, tetapi juga akan membuat orang tersebut terus berada dalam ingatan Anda.

Hal ini tidak akan menyelesaikan permasalahan yang ada, dan tidak membuat Anda menjadi lebih kuat, tetapi justru akan menyebabkan hal yang sebaliknya.

3. Dendam dapat berpengaruh buruk pada kesehatan
Terus merasa khawatir atau memikirkan sesuatu dapat berbahaya bagi kesehatan mental dan fisik Anda. ** Baca juga: Hindari Kebiasaan Ngemil dengan Cara Sederhana

4. Membuat Anda terbebas dari stres dan rasa khawatir
Dengan memaafkan seseorang yang bersalah, Anda pun akan terbebas dari rasa khawatir dan kesal. Memaafkan juga membuat orang yang bersalah pada Anda tersebut menyadari kesalahannya.

Bila Anda sulit memaafkan orang lain, maka mengetahui bahwa memaafkan lebih baik daripada menyimpan dendam mungkin dapat membantu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru