oleh

Melonjak, 118 Hewan Ternak di Tangsel Positif Penyakit Mulut dan Kuku

Kabar6-Angka temuan kasus penyakit mulut dan kuku yang menjangkit hewan ternak kurban di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melonjak signifikan. Tercatat dari 18,966 hewan ternak yang diperiksa ratusan di antaranya positif.

“Total hewan positif PMK sebanyak 118 hewan,” kata Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tangsel, Yepi Suherman, Selasa (28/6/2022).

Ia merinci hewan ternak yang positif penyakit mulut dan kuku sebanyak 116 sapi dan dua ekor kerbau. Terkini diklaim 96 hewan telah dinyatakan sembuh dan 22 lainnya masih dalam pengobatan.

Yepi mengakui angka kasus sebelumnya hanya 29 ekor. Jumlah kasus positif penyakit mulut dan kuku terjadi saat lalu lintas angkutan ternak jelang Idul Adha.

**Baca juga:Kepala SMPN 17 Tangsel Ogah Salurkan Dana PIP Kolektif

“Itukan meningkat karena peningkatan signifikan pengiriman hewan ternak dari luar Tangsel,” ujarnya.

Meski terjadi lonjakan jumlah kasus PMK yah signifikan, dia memastikan kalau penanganan hewan ternak positif untuk disembuhkan juga tinggi.

“Meski terjadi kenaikan tajam karena arus hewan yang masuk tinggi, tingkat kesembuhannya juga tinggi. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir dan kami terus melakukan pemantauan dan pengobatan terhadap hewan-hewan tersebut,” klaim Yepi.(yud)