oleh

Meade, Dokter Asal Inggris Diklaim Hidup 148 Tahun dan Ciptakan Ramuan Panjang Umur

Kabar6-Kisah legenda menjadi cerita misterius, perihal Dr William Meade asal Inggris yang meninggal sekira Oktober 1652, dua bulan menjelang ulang tahunnya yang ke-149.

Makam Dr Meade terletak sekira 24 kilometer dari London, yaitu di kota Hertfordshire. Melansir thetimeshub, batu nisan pada makam Dr Meade tidak menarik, tapi tulisannya yang membjat orang penasaran. Tulisan padabatu nisannya berbunyi: “William Meade, yang meninggal 28 Oktober 1652, berusia 148 tahun, 9 bulan, 3 minggu dan 4 hari”.

Jika itu akurat, Mead lahir pada Januari 1504 dan meninggal tak lama setelah Perang Saudara Inggris yang terjadi dari 1642-1651. Diketahui, usia harapan hidup orang yang lahir di Eropa pada abad ke-16 adalah antara 30 hingga 40 tahun, selama mereka selamat dari masa kanak-kanak, cacar, dan lain-lain, hingga membuat cerita Dr Meade semakin mustahil.

Padahal menurut legenda setempat, Dr Meade mengembangkan obat mujarab untuk umur panjang, serta berbagai obat lain. Diyakini, istri Dr Meade adalah orang yang mendiktekan tulisan di makamnya untuk mempromosikan penjualan ‘ramuan panjang umur’ tersebut, yang semakin meningkatkan keraguan tentang cerita tersebut.

Namun, catatan pemerintah setempat yang ditemukan dari 1781 menulis tentang ‘kasus umur panjang yang menakjubkan ini’, dan mengklaim bahwa penjaga kuburan harus memperbarui prasasti di batu nisan setelah menjadi tidak terbaca.

Situs sejarah Hertfordshire mengklaim, batu nisan itu telah tertutup vegetasi dalam beberapa tahun terakhir, dan selama upaya untuk memposisikannya, batu tersebut pecah.

Sejak itu telah disambungkan kembali dan berdiri kokoh. Namun apakah usia Dr Meade benar-benar akurat, pertanyaan ini tetap menjadi misteri.(ilj/bbs)