oleh

Masyarakat Siaga Bencana Pandeglang Dilibatkan Tangani Sampah

Kabar6-Sebanyak 50 orang dari Kelompok Masyarakat Siaga Bencana (KMSB) dari lima kecamatan yang berada di dekat Kota Pandeglang dilibatkan dalam penanganan sampah dengan menggunakan metode Reuse, Reduce, dan Recycle atau 3R.

Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya, Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah dan Recycle berarti mengolah kembali sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

Kabid Fisik Prasarana Bappeda Pandeglang Devi Aninda Deviana menjelaskan, kelompok Masyarakat Siaga Bencana diharapkan meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta untuk melakukan kegiatan pengelolaan sampah metode 3R.

“Penerapan sistem 3R menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan di sekitar kita yang murah dan mudah untuk dilakukan,” kata Deviana, Jumat (8/11/2019).

**Baca juga: PKS Belum Putuskan Buka Penjaringan Calon Bupati Pandeglang.

Sekretaris Daerah Pandeglang Pery Hasanudin mengatakan program tersebut sangat strategis sekali dimana program ini melibatkan unsur masyarakat.

“Dalam mencapai upaya pengelolaan sampah tersebut dimana pengelolaannya mengunakan metode sampah pilar 3R,” tutupnya.(Aep)

Berita Terbaru