oleh

Massa Organisasi Turun ke Jalan, Tolak Gunungkencana Jadi Kawasan Peternakan

Kabar6-Massa dari berbagai organisasi se-Kecamatan Gunungkencana turun ke jalan menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Kecamatan Gunungkencana, Kabupaten Lebak, Rabu (26/5/2021).

Aksi tersebut merupakan bentuk protes terhadap revisi Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang menjadikan Gunungkencana sebagai kawasan peternakan.

“Kami dan masyarakat sepakat bahwa Gunungkencana harus jadi kawasan konservasi dalam konteks keragaman hayati, penyerapan air, sumber daya alam nya yang dijaga dan dipelihara,” kata Inisiator Aliansi Organisasi se-Gunungkencana, Usep Ridwan Allais.

Menurut Ridwan, kegiatan usaha peternakan dipastikan bakal berdampak negatif dan menghilangkan keragaman hayati di Gunungkencana. Padahal sudah sangat jelas, ujar Ridwan, bahwa Gunungkencana harus menjadi kawasan konservasi.

“Tapi kami melihat pemerintah tidak melihat itu dan sangat ngotot. Kami bisa simpulkan, Raperda tidak berpihak kepada rakyat, tapi lebih condong kepada investor atau pengusaha. Jangan sampai pemerintah hanya mementingkan kepentingan golongan tertentu sehingga masyarakat kecil yang menjadi korbannya” tegas Ridwan.

**Baca juga: Alasan Pansus RTRW Lebak kenapa Rangkasbitung Jadi Kawasan Pertambangan

Dia mendesak DPRD melakukan kajian dengan matang agar hasil dari raperda berpihak untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Jangan sampai dalam pembahasan raperda, legislatif bersembunyi diketiak eksekutif dengan tidak mempertimbangkan dampak yang akan terjadi. Kami akan terus menolak sampai gagal,” kata Ridwan.(Nda)

Print Friendly, PDF & Email