oleh

Massa Balon Kades Geruduk Puspemkab Tangerang

Kabar6-Massa pendukung Suharna, Bakal Calon (Balon) Kepala desa (Kades) Pematang, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, meradang.


Mereka menggeruduk Gedung Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Pemerintah Desa (BPMPPD), yang berada di Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Tangerang, Selasa (14/4/2015).

 

Massa balon Kades itu menduga, ada ketidakadilan dan kecurangan akan hasil penilaian tes yang dilakukan pihak panitia penyelenggara.

 

“Kami hanya ingin adanya transparansi dan kejelasan akan hasil tes. Karena kami menduga adanya kecurangan,” ujar Solihin, salah seorang pendukung balon Kades.

 

Solihin mengklaim, bila munculnya dugaan kecurangan itu bukan tanpa sebab. Pasalnya, balon Kades yang cuma lulusan SMA dapat lolos, sedangkan Suharna yang lulusan Sarjana Pendidikan tidak lolos.

 

“Hasil penilaian kelulusan yang dilakukan panitia sangat tidak transparan. Karena kami hanya menerima surat keterangan bahwa balon Kades yang kami dukung tidak lulus, tanpa ada bukti akan hasil tes dua hari kemarin,” imbuhnya.

 

Mewakili aspirasi warga lainnya, Solihin mengancam akan memboikot Pilkades serentak, bila pihak panitia penyelenggara tidak membuka secara transparan dalil penilaian tes balon Kades.

 

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Kabupaten Tangerang, Syahrizal, mengatakan bahwa pihaknya akan mencoba menerima tuntutan masyarakat Desa Pematang untuk meminta para panitia transparan akan hasil tes tersebut.

 

“Kami akan coba sampaikan kepada panitia pemerintah desa dan panitia independent akan tuntutan warga,” jelasnya. ** Baca juga: Bupati Zaki Harap UN Online Bisa Merata Di Wilayahnya

 

Pantauan kabar6.com, puluhan massa yang menggeruduk gedung BPMPPD dijaga ketat oleh pihak kepolisian setempat.(shy)

Berita Terbaru