oleh

Masjid Daarul Hikmah di Pamulang Pakai Kemasan Diguna Ulang

Kabar6-Ada yang berbeda dari penyaluran daging hewan ternak qurban saat perayaan Idul Adha 10 Dzulhijah 1441 Hijriah. Panitia hewan qurban Masjid Daarul Hikmah, Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan pakai kemasan daging yang ramah lingkungan.

“Kami pakai wadah makanan bisa diguna ulang atapun daur ulang,” ungkap Nurkholis Hafiz kepada kabar6.com, Jum’at (31/7/2020).

Haji Fidon, begitu sapaan akrabnya menerangkan ada 700 box daging hewan ternak qurban dibagikan ke warga sekitar yang membutuhkan. Jumlah ternak yang dipotong kambing 16 ekor dan sapi empat ekor.

Panitia qurban, lanjutnya, untuk mengemas daging tidak menggunakan kantong plastik. “Kami coba berupaya mengurangi sampah kantong plastik,” terangnya.

Hal ini juga untuk mengurangi dampak negatif dari pengemasan daging qurban menggunakan kantong kresek warna hitam mengandung zat karsinogentik. Zat tersebut dapat memicu penyakit kanker.

“Bila tersimpan dalam jangka waktu lama kemasan daging dapat terkontaminasi yang menyebabkan kanker,” ujar Haji Fidon.

**Baca juga: PSBB Transisi, Arena Olahraga dan Rekreasi di Tangsel Diusulkan Buka.

Menurutnya, mulai dari proses penyembelihan hingga pembagian daging qurban panitia tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Penularan virus Covid-19 itu harus dicegah,” singkat Haji Fidon, putera Ketua MUI Kota Tangsel, KH M Saidih.(yud)

Berita Terbaru