oleh

Masih Misterius, Jejak Manusia Raksasa Yetti yang Ditemukan di India

Kabar6-Hingga kini masih banyak kelompok masyarakat percaya terhadap keberadaan makhluk-makhluk misterius yang masih bertahan dan bersembunyi di sekitar manusia. Bahkan, sebagian orang mengaku pernah melihat jejak makhluk-makhluk tersebut.

Yetti dikenal sebagai makhluk mitologi yang mendiami kawasan pegunungan Himalaya. Dan hingga kini masih menyimpan berbagai misteri yang belum terpecahkan.

Makhluk tersebut menjadi legenda dalam cerita rakyat Nepal. Selama berabad-abad, Yetti selalu diceritakan turun temurun sehingga banyak orang di sekitar Himalaya mempercayainya.

Kini, sekelompok tim ekspedisi dari Angkatan Darat India, melansir gulfnews, mengklaim telah menemukan jejak Yetti di dekat Kamp Pangkalan Makalu, perbatasan antara Nepal dan Tiongkok. Mereka bahkan memposting gambar jejak kaki pada akun Twitter resmi, sehingga kabar keberadaan makhluk ini sangat meyakinkan. Alhasil, tagar #Yetti bahkan menjadi trending topik tertinggi kedua di India.

“Untuk pertama kalinya, Tim Ekspedisi Mountaineering #IndianArmy telah menemukan Jejak Kaki Misterius dari binatang buas “Yetti” berukuran 32 x 15 inci dekat dengan Makalu Base Camp pada 09 April 2019,” demikian cuit Angkatan Darat India melalui akun Twitternya.

Ukuran jejak kaki yang sangat besar dan terletak di pedalaman Himalaya semakin meyakinkan bahwa benar itu adalah jejak kaki Yetti. Bukti jejak kaki itu berukuran 32×15 inci atau 81×38 cm, cukup besar untuk meyakinkan publik bahwa itu adalah jejak kaki Yeti.

“Namun salah satu netizen menyeletuk dan menganggap ada sebuah kejanggalan di dalam jejak kaki Yeti. Jejak kaki menunjukkan bahwa Yeti ini berkaki satu, sepertinya dia kehilangan kakinya karena serangan udara Balakote,” tulis @shahfaesal.

Lebih dari 4.500 netizen ikut menyetujui pendapat tersebut. Sebagian netizen menjadi skeptis dengan penemuan itu dan merasa bahwa Yetti hanya makhluk mitologi yang tidak pernah ada.

Bahkan akun resmi militer India juga mendapatkan troll dari netizen. Namun sebagian justru yakin bahwa itu adalah bukti yang nyata dari keberadaan Yetti.

Pada 2014 lalu, peneliti menganalisis DNA mitokondria yang berasal dari dua sampel dari Himalaya. Satu sampel dari Ladakh, India, dan yang lainnya dari Bhutan, yang dilaporkan terdapat keberadaan Yetti. ** Baca juga: Titanoboa, Ular Terbesar di Dunia

Hasilnya cukup mengejutkan, ternyata sampel peneliti itu berkaitan dengan beruang misterius yang masih merupakan kerabat genetik leluhur beruang purba kutub.(ilj/bbs)

Berita Terbaru