oleh

Masih Jadi Misteri, 5 Lokasi yang Tidak Muncul di Google Earth

Kabar6-Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat oleh Keyhole, Inc. Program ini memetakan Bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D.

Global virtual ini memperlihatkan rumah, warna mobil, dan bahkan bayangan orang dan rambu jalan. Resolusi yang tersedia tergantung pada tempat yang dituju, tetapi kebanyakan daerah (kecuali beberapa pulau) dicakup dalam resolusi 15 meter.

Namun di satu sisi, ada kalanya pengguna Google Earth menemukan sesuatu yang misterius atau membingungkan saat sedang ‘menjelajah’. Terdapat tempat yang diblur hingga disensor. Ya, terdapat sejumlah area yang sepertinya sengaja disembunyikan dari Google karena dianggap menyimpan rahasia. Melansir MSN, ini lima lokasi yang disebut tidak muncul dalam Google Earth:

1. Severnaya Zemlya
Merupakan sebuah pulau di Rusia yang baru diketahui keberadaannya pada 1990-an. Saat itu, Severnaya Zemlya memang dilaporkan tidak berpenghuni. Namun, jika dilihat di Google Earth, pulau ini kadang akan tampak disensor. Akibatnya, banyak yang menduga jika pulau ini sebenarnya berpenghuni dan digunakan sebagai tempat eksperimen pemerintah kepada manusia.

2. Girona
Di Spanyol, ada sebuah daerah yang terlihat disensor dengan warga hitam saat dilihat dari Google Earth. Menurut beberapa orang yang mengaku bisa menembus sensor Google, tempat itu digunakan sebagai basis Angkatan Udara. Namun ada juga rumor yang mengatakan, tempat tersebut kerap mengalami banyak penampakan alien dan ada basis studi alien yang masih beroperasi di sana.

3. Batas negara bagian Washington & Oregon
Di antara negara bagian Washington dan Oregon, Amerika Serikat, terdapat sebuah area yang diblur di Google Maps. Karena penasaran, beberapa orang pun sudah mencoba untuk mengunjungi area ini namun tidak menemukan apa-apa.

Meski demikian, ada pintu masuk yang dikelilingi pagar misterius dan tidak boleh dimasuki publik. Tak heran, banyak yang mengira jika ada fasilitas penelitian rahasia di bawah tanah.

4. Danau Baker
Danau Baker terletak di Kanada bagian utara dan tampak diselimuti kegelapan. Banyak yang menduga jika sensor tersebut disebabkan adanya kontroversi seputar nuklir di area Danau Baker. Di sisi lain, ada juga yang berpendapat bahwa ini hanyalah kesalahan satelit dan sebenarnya tidak ada hal mencurigakan di sana.

5. Elmira Correctional Facility
Elmira Correctional Facility adalah sebuah penjara di Amerika Serikat yang terkenal mudah dibobol oleh tawanannya sendiri. Saking banyaknya tahanan yang kabur, pada akhirnya mereka pun meminta Google Earth untuk menyensor area penjara agar tahanan tidak dapat merencanakan pelarian mereka. Di masa lalu, para tahanan penjara ini sendiri terkenal sering kabur lewat atap penjara.

Benarkah memang ada yang disembunyikan Google Earth? Bagaimana menurut Anda? (ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru