oleh

Masih Ada 1.178 TKI Terjebak Perang di Suriah

Kabar6-Problematika Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang terjebak perang di Suriah kiranya masih belum tuntas. Pasalnya, hingga kini masih ada ribuan TKI yang terjebak dan belum kembali ke tanah air.

Merujuk data pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Suriah, dari total 12.572 TKI di Suriah, hingga kini sudah 11.394 yang berhasil dipulangkan ke tanah air.

Sedangkan sisanya sebanyak 1.178 TKI lagi hingga kini masih terjebak dalam perang. Proses pemulangan terus dilakukan pemerintah secara bertahap. **Baca juga: Tiba di Bandara, TKI Korban Perang Suriah Menangis Dipelukan Menlu.

Sedangkan 36 TKI dari Suriah yang tiba di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), merupakan gelombang pemulangan yang ke 214 sejak evakuasi pertama dilakukan pada 2012 lalu.

“Upaya pemulangan terus kita lakukan,” ujar Metri Luar Negri (Menlu) Retno Lestari Priansari didampingi Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Nusron Wahid, Jumat (28/11/2014) malam.

Rencananya, ke 36 TKI tersebut akan dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing, seperti ke Bogor, Cianjur, Sukabumi, dan Indramayu, tanpa dipungut biaya, karena akan ditanggung oleh negara.(TR/rani)

Berita Terbaru