oleh

Mari Ikuti Pola Makan yang Benar

Kabar6-Apakah Anda termasuk orang yang memiliki pola makan teratur? Kebanyakan masyarakat kita menganut pola makan tiga kali sehari yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam.

Namun tahukan Anda jika para pakar diet dan kesehatan ternyata telah sepakat bahwa pola makan yang baik untuk kesehatan dan bagi tubuh manusia adalah dua kali dalam sehari.

Pada saat lambung kita melakukan penyaringan dan penyerapan makanan, khususnya untuk makanan kaya protein, struktur asam dalam makanan tersebut dapat mempengaruhi dinding lambung.

Proses intensif ini mengaktifkan sel dalam memproduksi zat asam, getah, dan enzim lambung. Pencernaan yang bekerja secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada dinding lambung. Alhasil, lambung tidak memiliki banyak waktu untuk beristirahat untuk melakukan pencernaan berikutnya.

Pola makan dua kali dalam sehari pun harus memiliki jeda dari makan pertama sebelum menyantap makanan berat selanjutnya. Artinya, Anda harus menunggu lambung kosong, agar sinyal lapar menjadi optimal.

Makanan akan tinggal dalam lambung kita selama enam hingga delapan jam. Makan sehari dua kali akan memberikan banyak waktu istirahat untuk lambung kita. ** Baca juga: Bagaimana Sebaiknya Makan Malam?

Pola makan dua kali sehari juga memberikan kesempatan pada lambung untuk beristirahat selama 12 jam. Sepanjang waktu inilah tubuh dapat menyimpan enzim yang dibutuhkan, memperbaharui selaput lendir, dan memperbaiki fungsi normal kontraksi dari sistem pencernaan.

Pada dasarnya, tubuh kita memiliki sistem pengaturan sendiri untuk pola makan. Jadi jika ada sedikit perubahan dalam pola tersebut, dapat menyebabkan terjadinya penolakan serta rasa tidak nyaman.

Karena itu, Anda sendirilah yang sebenarnya paling mengetahui pola makan paling nyaman untuk tubuh Anda. (ilj)

Berita Terbaru