oleh

Mari Elka Pangestu: Minat Investor Pariwisata Signifikan

Kabar6-Tingginya minat investor dalam menanamkan modalnya di sektor pariwisata, dapat dilihat dari meningkatnya investasi yang tumbuh secara signifikan.

Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu saat meresmikan Hotel Novotel, Kota Tangerang, Rabu (15/10/2014).

Dikatakannya, Secara makro, realisasi investasi pariwisata Indonesia ada semester 1, 2014 mencapai US$ 255,99 juta terdiri atas Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar  US$ 243,035 juta dan PMDN Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar US$ 12,956 juta.

“Jika dibandingkan dengan realisasi investasi pariwisata pada semester 1 2013, yaitu PMA sebesar US$ 96,910 juta dan PMDN sebesar US$ 22,33 juta terjadi peningkatan sebesar 114,68%,” katanya kepada kabar6.com.

Disinggung mengenai kehadiran Novotel Tangerang ini, Mari berharap dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan usaha pariwisata Indonesia pada umumnya dan Tangerang khususnya.

Dia juga berharap, kehadiran hotel yang bernaung dalam jaringan Acoord ini dapat mendorong meningkatnya kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Kota Tangerang sebagai Second-tier City yang kini berkembang sebagai kota bisnis.

“Seiring dengan berkembangnya ekonomi kita, kini banyak tumbuh hotel bintang di second-tier di Indonesia. Seperti yang dilakukan manajemen hotel Accord yang agresif membangun hotel di kota-kota menengah atau second-tier city, yang tumbuh sebagai kota bisnis,” tutur Mari.

Pada kesempatan itu juga, Mari mengapresiasi Novotel Tangerang, yang dirancang sebagai hotel bintang empat ini telah disertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU) bidang pelayanan dan pengelolaan.

“Sertifikasi usaha bidang pariwisata di antaranya perhotelan, sangat penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan serta daya saing dalam menghadapi diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir 2015 mendatang,” kata Mari

Mari mengatakan lebih lanjut, keberadaan Hotel Novotel mempunyai peran penting dalam mensinergikan pariwisata dan ekonomi kreatif, yang diwujudkan dalam desain arsitektur bangunan hotel.

Serta penyiapan area publik untuk produk kreatif masyarakat Tangerang, pernak-pernik (kriya) nuansa tradisional termasuk lukisan yang dipajang, serta sajian kuliner hingga musik pertunjukan yang merupakan bagian dari 15 sub sektor ekonomi kreatif. **Baca juga: Ini 5 Potensi Wisata Unggulan Kabupaten Tangerang.

Diketahui, Hotel Novotel Tangerang yang dikelola Accord, operator hotel internasional terbesar di Asia Pasifik,  memiliki 266 kamar, 17 diantaranya adalah executive suite, 1 ballroom untuk kapasitas 2.000 orang, restoran, bar, spa, fitness center, launge , kolam renang, dan beberapa fasilitas lainnya.(asri)

 

Berita Terbaru