oleh

Maraknya Sistem Pembayaran Online, Bang Andi: BI Harus Ambil Langkah Antisipasi

Kabar6-Maraknya system pembayaran online seperti Go Pay, OVO dan lainnya menjadi perhatian Andi Achmad Dara, Caleg DPR RI Dapil Banten III dari Partai Golkar.

Bang Andi, sapaan akrabnya mengatakan, kalau dulu sebelum teknologi berkembang pesat, masyarakat kerap menggunakan jasa perbankan untuk melakukan beragam transaksi.

Namun sejalan dengan kemajuan teknologi, system pembayaran online tumbuh pesat menggantikan peran perbankan dalam bertransaksi.

Untuk itu, Bang Andi mengimbau kepada lembaga jasa keuangan dan Bank Indonesia untuk segera mengambil langkah antisipasi guna menghadapi fenomena tersebut.

“Kita mengimbau OJK dan Bank Indonesia harus lebih cepat mengantisipasi imbas dari system pembayaran online tersebut,” ungkap Bang Andi di BSD belum lama ini.

Melansir detik, Kondisi tersebut pun menjadi perhatian tersendiri oleh Bank Indonesia (BI). Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara menilai perbankan kalah dengan melesatnya system pembayaran online tersebut.

Kata Mirza, Bank Indonesia tentunya tak ingin sector perbankan semakin ketinggalan dengan keberadaan online payment system itu.

“Yang non bank melesat dan kita bicara Go Pay dan e-commerce lain, OVO melesat. Sementara teman-teman perbankan kalah,” ujarnya sembari menuturkan bahwa perbankan, dalam hal ini harus meningkatkan kapasitasnya.

**Baca juga: Dukung Program Earth Hour, Hotel Santika premiere Bintaro Padamkan Listrik.

Disamping itu, lanjut Mirza, perbankan ingin ada regulasi yang memberikan kesempatan berusaha yang sama antara perbankan dan GoPay CS.

“Kemudian teman-teman perbankan bagaimana regulator bisa memfasilitasi. Kami di BI ingin bagaimana perbankan jangan ketinggalan,” tuturnya.

Mirza menginginkan bagaimana caranya perbankan jangan ketinggalan dan we need banking but we not bank. Bagi bank sentral itu lebih mudah mengatur ekonomi kalau Perbankan yang ada di depan. (fit)

Berita Terbaru