oleh

Mansion ‘Paling Berhantu di Irlandia’ Laku Seharga Rp42 Miliar

Kabar6-Sebuah mansion (rumah besar) yang dijuluki sebagai ‘rumah paling berhantu di Irlandia’ telah laku terjual. Mansion yang terletak di Loftus Hall di Fethard on Sea, County Wexford, ini laku seharga Rp42 miliar.

Bukan sekadar mansion biasa, di rumah berarsitektur Georgia dengan 22 kamar tidur itu ada banyak kisah penampakan hantu dan kejadian menyeramkan, termasuk menjadi tempat insiden mitos mengerikan yang diceritakan terjadi sekira 250 tahun yang lalu.

Pemilik mansion bernama Aidan dan Shane Quigley, melansir mirror.co.uk, telah memperingatkan si pembeli tentang sejarah seram yang dimulai pada 1766, ketika mansion itu dikenal sebagai Redmond Hall. Legenda itu dimulai pada suatu malam, saat seorang tamu misterius berkunjung ke rumah tersebut. Mereka ditemui pemilik rumah yakni Lord dan Lady Tottenham, dan putri mereka Lady Anne.

Ketika badai berkecamuk di luar, keluarga itu mengundang lelaki itu ke mansion untuk berlindung dari badai. Ketika mereka melakukan permainan kartu untuk menghabiskan waktu, Lady Anne tanpa sengaja membungkuk untuk mengambil kartu remi yang jatuh di bawah meja. Di situlah Lady Anne baru mengetahui bahwa tamu misterius itu memiliki kuku iblis.

Lady Anne langsung mengeluarkan jeritan ketakutan dan tamu yang rupanya setan itu langsung menghilang melalui langit-langit mansion dalam kepulan api dan asap.

Peristiwa itu membuat Lady Anne ‘mengalami shock dan kegilaan’ karena peristiwa itu. Ia sekarat dan tak lama kemudian meninggal dunia. Setelah kematiannya, keluarga dan para pelayan di istana mengaku sering melihat roh Lady Anne berkeliaran di aula.

“Selalu ada perasaan bahwa kamu tidak sendirian di Loftus Hall,” kata Aidan. ** Baca juga: Patung Kura-kura Seberat 100 Kg di Selandia Baru ‘Pindah Sendiri’ ke Kota Lain Sejauh 117 Km

Mansion itu dibangun pada 1170, ketika seorang kesatria Norman, Raymond le Gros, membangun sebuah kastil. lalu, mansion tersebut diambil alih oleh keluarga Loftus pada 1650-an, dan rumah itu kemudian menjadi sekolah untuk anak perempuan, serta hotel sebelum dibeli oleh saudara Aidan dan Shane pada 2011.

Aidan lalu mengadakan tur hantu di mansionnya dengan tarif Rp1,3 juta semalam. “Banyak yang mengatakan ada area tertentu di Hall, atmosfernya, suhu dan adanya perasaan tidak nyaman. Banyak orang telah melihat hal-hal gaib yang membuat mereka bertanya-tanya.”

Mansion itu telah menjadi objek wisata pada 2012, digunakan untuk berburu hantu atau wisata hantu, dan juga telah memberikan latar belakang untuk film-film horor.(ilj/bbs)

Berita Terbaru