oleh

Manfaatkan Sampah Pasar, Pemkot Tangerang Lakukan Inovasi Energi Terbarukan

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan inovasi energi terbarukan dari bio masa sampah-sampah organic. Isi dari sampah-sampah yang ada pasar itu ternyata difinalisasi bisa turun 90 persen, terus sampah daun turunnya 40 persen.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, saat ini yang diprioritaskan hanya untuk sampah organic karena dimanfaatkan kembali untuk bisa mengembangkan energi terbarukan.

“Mudah-mudahan ke depannya ini bagian dari solusi yang bisa mengurangi tumpukan sampah di sumber selain juga yang ada di TPA (Tempat Pembungaan Akhir),” ujar Arief kepada wartawan di Tangerang, Kamis (22/10/2020).

Kendati sampah organik mempunyai nilai karbo tinggi dan nilai energi tinggi, lanjut Arief, tapi ada juga yang dilakukan pihak Lingkungan Hidup, ada juga kertas dengan organik.

“Tapi ternyata pembakarnya lebih energinya pendek. Jadi intinya kita coba di sini berbagai eksperimen. Baik sampah full organik maupun yang mix dengan yang organik,” tambahnya.

Inovasi tersebut, diharapkan dapat mengatasi permasalah sampah yang ada di Kota Tangerang. Baik dari hulu hingga hilir lingkungan yang ada di kota berjuluk Akhlakul Karimah ini.

**Baca juga: Peringati HUT ke-56, Golkar Kota Tangerang Ziarah ke Makam Pahlawan Taruna.

Selain dapat mengatasi permasalah hal tersebut juga menjadikan nilai ekonomis. “Mudah-mudahan ini jadi solusi kedepan untuk bagaimana mengatasi permasalah sampah di perkotaan,” tandasnya. (oke)

Berita Terbaru