oleh

Manfaat Tahu yang Luar Biasa

Kabar6-Makanan yang satu ini sudah terkenal di hampir sebagian besar tempat, baik Indonesia maupun luar negeri. Harganya yang terjangkau serta nilai gizi yang dikandung, membuat tahu menjadi salah satu menu favorit.

 

Nah berikut beberapa manfaat tahu, seperti dilansir dari lifehack.org dan dikutip dari vemale:

 

1. Penelitian menunjukkan bahwa makan tahu secukupnya setiap hari, dapat membantu kita untuk memenuhi kebutuhan asupan protein, lemak, karbohidrat, dan serat.

 

Tahu memiliki kalori yang lebih rendah dibanding daging, dan mengandung sedikit kolesterol. Penelitian yang dilakukan tim medis dari Kanada membuktikan bahwa tahu bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

 

Studi ini dipublikasikan melalui American Journal of Clinical Nutrition dan melibatkan 55 orang lelaki dan perempuan usia setengah baya yang mengidap kolesterol tinggi. ** Baca juga: Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

 

Beberapa partisipan tersebut setelah mengikuti diet sehat, diikutkan pada pola makan beragam mulai dari kacang almond, tahu, dan sayuran mentah serta jenis makanan lainnya.

 

Setelah setahun, ternyata hasilnya mengejutkan, orang yang mengonsumsi tahu ternyata mengalami penurunan kolesterol lebih besar dibandingkan kelompok yang mengonsumsi makanan lain. Penurunannya mencapai 10-20 persen.

 

 

2. Berdasarkan penelitian yang dilakukan School of Radiation Medicine and Public Health, Soochow University, Suzhou, menyimpulkan bahwa tahu dan makanan yang mengandung kedelai dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker perut.

 

Setiap empat ons tahu, memiliki kandungan kalsium yang setara dengan segelas susu sapi. Kalsium merupakan nutrisi yang sangat penting untuk anak dalam pertumbuhan, dan bagi perempuan yang memiliki risiko tinggi terhadap osteoporosis.

 

3. Tahu mengandung delapan asam amino yang berperan penting bagi kehidupan manusia. Termasuk juga mengandung zat antioksidan yaitu selenium, yang dapat mengurangi risiko kanker prostat. Selain itu, tahu mengandung zat besi, tembaga, dan mangan yang sangat baik untuk diet sehat dan membantu meningkatkan energi.

 

Kandungan isoflavon yang terdapat dalam tahu dapat menghilangkan sejumlah gejala endometriosis. Isoflavon akan bertindak sebagai estrogen dan salah satu perawatan endometriosis adalah melalui terapi hormon.

 

Meskipun tahu memiliki banyak banfaat, Anda sebaiknya mengonsumsi kurang lebih empat ons tahu per hari, alias tidak berlebihan.(ilj)

Berita Terbaru