oleh

Mandi Sebelum Tidur Bantu Anda Tidur Nyenyak

Kabar6-Banyak orang yang bisa langsung tidur begitu merebahkan diri di atas kasur. Namun tidak sedikit juga yang harus melalui sejumlah ‘ritual’ agar bisa tidur nyenyak.

Nah, bagaimana agar kita dapat segera tidur nyenyak? Studi yang dilakukan para peneliti di University of Texas, Austin, melansir Wolipop, menunjukkan bahwa mandi sebelum tidur bisa membantu tidur nyenyak lebih cepat. Namun yang harus diperhatikan adalah waktu mandi. Waktu yang disarankan adalah mandi 1,5-2 jam sebelum beranjak tidur.

Selain itu, temperatur air juga penting. Anda disarankan mandi air hangat dengan suhu 40-43 derajat Celsius, baik di bawah pancuran, maupun berendam di dalam bak mandi.

Para peneliti telah menganalisa lebih dari 5.000 studi tentang pengaruh mandi air hangat terhadap kualitas tidur dan mendapati bahwa cara ini bisa membantu orang tertidur 10 menit lebih cepat. Alasannya, karena suhu tubuh akan mengikuti ritme sirkadian, yaitu siklus metabolisme tubuh yang mengatur tidur dan bangun.

Disebutkan, suhu tubuh cenderung turun sekira satu jam sebelum tidur, dan akan bertambah rendah ketika seseorang terlelap. Dengan menghangatkan tubuh beberapa jam sebelum tidur, akan timbul sensasi sejuk, yang ‘memberitahu’ tubuh dan otak bahwa sudah saatnya beristirahat.

Hal ini pun mempercepat terjadinya proses sirkadian secara alami sehingga Anda bisa cepat terlelap dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Jika ingin mencobanya, sediakanlah waktu 1-2 jam sebelum tidur untuk mandi air hangat. ** Baca juga: Hindari Sentuh 6 Bagian Tubuh Ini Saat Tangan Kotor

Anda bisa menambah kenyamanan dengan menuangkan beberapa tetes minyak lavender untuk sensasi relaksasi ketika mandi. Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru