oleh

Mandi Hujan Sebabkan Sakit?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat masih kanak-kanak, Anda pasti pernah mendengar larangan jangan hujan-hujanan agar tidak sakit. Nah, tahukah Anda bahwa larangan tersebut ternyata telah dibuktikan secara ilmiah? Kondisi basah dan dingin bagaimana pun bisa membuat kita rentan terkena flu.

Penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Cardiff, dikutip dari Dechacare, meminta para responden untuk merendam kaki mereka ke dalam air es selama 20 menit. Sedangkan responden lainnya meletakkan kaki mereka ke dalam baskom kosong.

Selama 4-5 hari kemudian, hampir sepertiga responden yang merendam kakinya di air dingin mengalami gejala-gejala flu. Sementara kelompok lainnya hanya sembilan persen saja yang terkena flu.

“Permukaan tubuh yang kedinginan, terutama kaki, bisa menyebabkan gejala flu lebih cepat muncul, terutama pada orang yang sudah ada virus flu,” kata Ron Eccles dari pusat penelitian flu dan selesma. ** Baca juga: Otak Mesum Berhubungan dengan Pengendalian Emosi Seseorang

Mengapa hal itu terjadi memang belum diketahui secara jelas. Tetapi salah satu teori menyebutkan, kedinginan akan menyebabkan tubuh membatasi aliran darah ke bagian tertentu, termasuk hidung, untuk menjaga temperatur tubuh. Hal ini bisa membuat tubuh lebih rentan infeksi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru