oleh

Mana yang Sebaiknya Dipilih Saat Lelah, Olahraga atau Tidur?

Kabar6-Saat tubuh terasa lelah, mungkin Anda pernah ‘terjebak’ dalam pilihan yang membingungkan antara harus pergi ke pusat kebugaran (gym) atau tidur. Apa yang sebaiknya dilakukan?

Pertama-tama, melansir Sindonews, penting untuk memahami hubungan antara tidur dan olahraga. Faktanya, kurang tidur dapat membuat Anda merasa lelah, jengkel, dan meningkatkan keinginan akan makanan yang tidak sehat, termasuk mempengaruhi tingkat kinerja.

Saat Anda memilih berolahraga ketika lelah, ada beberapa hal yang akan terjadi, seperti kurang tidur akan membuat Anda merasa rendah dan kurang termotivasi untuk melakukan aktivitas rutin.

Selain itu, kurang tidur dapat membuat Anda ‘rewel’ dan tidak akan dapat berkonsentrasi saat melakukan olahraga apa pun. Saat Anda berolahraga dalam kondisi lelah, maka hal ini juga mempengaruhi tingkat konsentrasi, sehingga lebih cenderung terluka saat berlari di treadmill atau mengangkat beban.

Kekurangan tidur juga menunjukkan bahwa tubuh Anda perlu istirahat. Dan jika memaksakan diri untuk pergi ke gym, Anda akan lebih melukai otot-otot.

Lantas, apa yang harus dilakukan? Jika Anda sangat lelah dan ingin beristirahat lebih dari satu jam daripada pergi ke gym, itu benar-benar menjadi pilihan tepat.

Tidak ada salahnya melewatkan jadwal olahraga selama sehari karena bagaimana pun, Anda tidak akan dapat memberikan yang terbaik jika kurang tidur.

Tapi jangan jadikan hal itu sebagai kebiasaan. Cobalah tidur lebih awal di malam hari, dan jika Anda melewatkan sesi olahraga di pagi hari, cobalah untuk memberikan kompensasi di malam hari. ** Baca juga: Bisakah Pria dan Wanita Benar-benar Murni Bersahabat?

Apabila Anda tidak dapat pergi ke gym di malam hari, maka setidaknya pergi berjalan-jalan kecil.(ilj/bbs)

Berita Terbaru