oleh

Mana yang Lebih Sehat Gantikan Nasi Putih, Singkong atau Kentang?

Kabar6-Saat ini banyak orang mulai melirik sumber karbohidrat lain seperti singkong dan kentang, yang dipilih untuk menggantikan posisi nasi putih. Meskipun sama-sama menyehatkan, manakah yang lebih sehat sebagai pengganti nasi, singkong atau kentang?

Diketahui, dalam 100 gram singkong terkandung 160 kalori, yang paling besar didapatkan dari sukrosa. Singkong juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan elektrolit. Sisanya, singkong mengandung folat, niacin, thiamin, riboflavin, pyridoxine, vitamin A, E, K, zat besi, dan juga mangan.

Sementara itu, dalam 100 gram kentang, tersimpan 93 kalori. Kentang juga mengandung vitamin D, kalsium, zat besi, potasium, vitamin C dan vitamin B6.

Dalam hal indeks glikemiknya, melansir klikdokter, singkong lebih bagus dibanding kentang. Indeks glikemik singkong rendah, sedangkan kentang tinggi. Jadi singkong lebih aman untuk penderita diabetes melitus. Karena kalori singkong lebih besar daripada kentang, singkong lebih bisa berperan sebagai pengganti nasi. Kandungan karbohidratnya pun lebih tinggi, sehingga bisa memberikan pasokan energi yang lebih banyak untuk Anda, yaitu konsumsi makanan sehat dan tidak lemas, tanpa takut gemuk.

Baik kentang maupun singkong, sama-sama mengandung serat sehingga bisa mempertahankan kenyang lebih lama ketimbang Anda melahap nasi putih. Kandungan vitamin C dalam singkong lebih tinggi ketimbang kentang. Jika dipasangkan dengan lauk pauk yang sehat dan dengan pengolahan yang tepat pula, maka efeknya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk mengganti nasi putih, Anda bisa mengonsumsi 1,5 singkong. Meski singkong bisa menggantikan nasi putih, perhatikan juga cara pengolahannya. Supaya manfaat baiknya tidak hilang, singkong jangan digoreng dan diberikan garam terlalu banyak supaya gurih.

Singkong sendiri sudah memiliki rasa gurih alami dan pengolahannya tinggal dikukus atau direbus. Penyajiannya bisa dipotong-potong, dibiarkan seperti bentuk awal, ataupun dilumatkan seperti membuat mashed potato.

Jangan lupa untuk cuci dan kupas dulu kulitnya, lalu masak hingga benar-benar matang demi mencegah keracunan. Pilihan singkong atau kentang sebagai pengganti nasi pada dasarnya disesuaikan lagi dengan kebutuhan dan kondisi tubuh Anda. ** Baca juga: Minuman Pengantar Tidur Malam yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Karena itulah, akan lebih baik dan efektif bila Anda berkonsultasi dulu dengan ahli gizi jika ingin benar-benar mengganti nasi putih atau ingin menjalani pola makan tertentu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru