oleh

Mana yang Lebih Disarankan untuk Diet, Yoghurt Beku atau Es Krim?

Kabar6-Beberapa tahun belakangan ini, yoghurt beku menjadi populer karena telah dipilih sebagai alternatif es krim. Ya, yoghurt beku memang memiliki reputasi yang dikatakan lebih sehat.

Benarkah demikian? Untuk mengetahuinya, Anda harus mengetahui dahulu kandungan gizi yang dimiliki yoghurt beku dan es krim. Baik es krim maupun yoghurt beku, merupakan makanan beku yang dibuat dari susu.

Perbedaan yang signifikan, melansir healthyeating.sfgate, agar makanan beku dilabeli secara legal sebagai es krim, susu harus mengandung setidaknya 10 persen lemak susu. Persyaratan ini biasanya dipenuhi melalui penambahan krim, dan es krim premium bisa mengandung susu sebanyak 16 persen. Sementara yoghurt beku tidak dibuat dengan krim dan tidak memiliki kandungan lemak.

Karena perbedaan bahan es krim dan yoghurt beku adalah krim, perbedaan nutrisi utama adalah kandungan lemaknya. Satu cangkir es krim vanila biasa mengandung 275 kalori, lima gram protein, 31 gram karbohidrat, 15 gram lemak dan sembilan gram lemak jenuh.

Sedangkan satu cangkir yoghurt beku vanili biasa mengandung 221 kalori, lima gram protein, 38 gram karbohidrat, lima gram lemak dan empat gram lemak jenuh.

Nah, apabila Anda sedang menjalankan program diet dan berusaha untuk menurunkan berat badan, di mana harus memperhatikan asupan lemak dan kalori, maka Anda bisa memilih yoghurt beku.

Namun, kandungan lemak dan kalori yang rendah dapat bervariasi, tergantung pada ukuran porsi yang dikonsumsi, dan bahan tambahan apa saja yang Anda masukkan.

Apabila Anda makan yoghurt beku namun tidak memasukkan kalori terlalu tinggi ke tubuh, sebaiknya hindari penambahan seperti gula dan lemak seperti sirop, marshmallow dan permen. Ini tidak hanya akan meningkatkan kandungan lemak, tapi juga gula dan kalori.

Bagaimana cara agar tetap sehat saat makan yoghurt beku? Jika Anda memilih untuk makan yoghurt beku, ingatlah untuk memperhatikan ukuran porsi dan memilih topping yang lebih sehat.

Pilih topping seperti buah segar, granola dan kacang-kacangan untuk mendapatkan antioksidan, protein dan serat. ** Baca juga: Lakukan 5 Kegiatan Sehat Saat Dilanda Bad Mood

Topping ini kemungkinan juga akan lebih rendah kalori, lemak dan gula dibanding topping lainnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru