oleh

Mana yang Lebih Banyak, Protein dalam Daging atau Telur?

Kabar6-Sumber protein berasal dari berbagai makanan antara lain seperti daging, telur, produk susu, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Protein berfungsi sebagai pembentukan sel tubuh, otot, jaringan dan organ tubuh.

Apabila kadar karbohidrat dalam tubuh rendah, maka protein juga berfungsi sebagai sumber energi yang berharga. Nah, daging dan telur adalah sumber protein yang paling sering dikonsumsi banyak orang.

Lantas, manakah yang lebih banyak mana kandungan proteinnya, telur atau daging? Melansir healthyeating.sfgate, telur ukuran besar mengandung lebih dari enam gram protein. Daging cenderung mengandung lebih banyak protein per porsi dibanding telur. Namun, berbagai jenis daging mengandung jumlah protein yang sedikit berbeda.

Misalnya, porsi tiga ons daging sapi tanpa lemak mengandung lebih dari 18 gram protein, sementara porsi tiga ons kalkun mengandung protein lebih dari 19 gram, sementara porsi dada ayam mengandung 18 gram protein.

Ukuran porsi daging dan telur bervariasi dan cukup signifikan, jadi sulit untuk membandingkan keduanya hanya berdasarkan kandungan protein. Tapi jika Anda mengintip protein dari sudut pandang gram, Anda mendapatkan perbandingan yang jauh lebih akurat.

Telur mengandung sekira 0,13 gram protein per gram telur. Daging sapi rumahan, dada ayam mengandung sekira 0,21 gram protein per gram daging, sementara kalkun mengandung 0,22 gram protein per gram daging.

Dengan membandingkan rasio gram ke gram, mudah untuk melihat bahwa daging mengandung lebih banyak protein daripada telur. Hal yang perlu diingat, jumlah protein enam gram berlaku untuk keseluruhan satu buah telur. Jika Anda hanya makan putih telur atau kuning telur, Anda akan mendapatkan lebih sedikit protein per porsi.

Dalam telur ukuran besar, putih telur mengandung sekira 3,6 gram protein, sedangkan kuning telur mengandung sekira 2,7 gram. Menggunakan hanya dua putih telur akan memberi Anda sedikit protein daripada menggunakan satu butir telur utuh.

Telur tidak hanya mengandung sedikit protein, tapi juga secara signifikan lebih banyak mengandung kolesterol. Telur ukuran besar mengandung sekira 3,6 gram lemak dan 140 mg kolesterol.

Sajian daging kalkun, ayam, atau daging sapi tiga ons mengandung sekira 1,5-5 gram lemak dan 50-60 mg kolesterol. Saat kolesterol menumpuk dalam tubuh, maka akan membentuk plak di sepanjang dinding pembuluh darah dan menghalangi aliran darah yang normal. ** Baca juga: Sejumlah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pilih Krim Anti Keriput

Konsumsi kolesterol tinggi bisa membuat Anda berisiko terkena penyakit kardiovaskular, serangan jantung dan stroke.(ilj/bbs)

Berita Terbaru