oleh

Mana yang Lebih Baik, Sabun Cair Atau Sabun Padat?

Kabar6-Sabun menjadi bagian paling penting saat kita membersihkan badan (mandi), agar tubuh bersih dari kotoran, kuman, serta bakteri.

 

Ada dua jenis bentuk sabun yaitu padat dan cair. Nah, terkadang kita sering bingung untuk memilih sabun mana yang terbaik, dan minim bahan kimia yang dapat membahayakan tubuh?

 

Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang drastis antara sabun cair dan sabun padat. Hanya terletak pada bentuk dan bahan dasar pembuatannya. ** Baca juga: Jangan Biarkan Insomnia Meneror Anda

 

Sabun padat berbahan dasar natrium, sementara sabun cair dibuat dari kalium. Natrium dan kalium merupakan garam asam yang memang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sabun.

 

Kehadiran sabun cair lebih disukai, dengan alasan meminimalisir kuman atau bakteri yang menempel pada sabun. Sedangkan sabun padat lebih memiliki risiko tertularnya kuman dan bakteri, karena sering diletakkan pada wadah terbuka, sehingga dapat dengan mudah disentuh.

 

Sabun cair memiliki kemasan yang padat dan tertutup, serta sangat praktis karena mudah dibawa. Selain itu, sabun cair memiliki kandungan pH yang lebih rendah, tingkat kelembaban kulit yang tinggi.

 

Kekurangannya, sabun cair sering diberi zat tambahan berupa pewangi, sehingga apabila terkena kulit sensitive akan menyebabkan timbulnya alergi. Sabun padat memiliki pH tinggi, sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi lebih cepat kering. Namun sabun jenis ini juga dapat menghilangkan eksim di kulit.

 

Pilihlah sabun yang tepat sesuai kebutuhan kulit Anda, sehingga manfaatanya lebih terasa. (ilj)

Berita Terbaru