oleh

Mana yang Lebih Baik, Buah Segar Atau Buah Kering?

Kabar6-Buah selain dikonsumsi untuk menjaga kesehatan, juga sering digunakan sebagai menu diet para wanita demi mendapatkan berat badan ideal. Biasanya yang dikonsumsi adalah buah segar dalam bentuk salad atau jus.

Mengonsumsi buah juga disarankan karena memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Selain itu, buah-buahan dibutuhkan oleh tubuh karena merupakan sumber serat, garam esensial, dan mineral yang sangat baik.

Tidak hanya yang segar, ada juga buah yang sudah diolah dan dikeringkan untuk menjadi camilan sehat. Lantas, manakah yang lebih baik, buah segar atau kering? Melansir Okezone, berikut uraiannya:

1. Jumlah nutrisi
Buah-buahan adalah makanan padat nutrisi, dengan kandungan kalori yang lebih sedikit. Keuntungan mengonsumsi buah segar adalah menjaga tubuh Anda terhidrasi karena proporsi air di dalamnya. Di sisi lain, ketika air diekstrak dari buah-buahan kering, kalori terkonsentrasi di samping nutrisi. Orang yang mencoba menurunkan berat badan tidak boleh mengonsumsi buah-buahan kering karena kandungan kalori yang tinggi. Buah-buahan segar dapat memberikan tubuh Anda energi jadi cocok untuk diet.

2. Vitamin
Buah-buahan segar sangat diperlukan bagi tubuh untuk mencegah dehidrasi. Buah segar mengandung vitamin penting seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Buah kering tidak mengandung air, yang kadang-kadang menghilangkan kandungan vitamin di dalamnya. Mineral esensial dan folat juga hilang. Vitamin C juga menurun dalam proses dehidrasi pada buah-buahan kering.

3. Kandungan gula
Buah-buahan segar dan buah-buahan kering memiliki kandungan glukosa yang sama. Tapi, kandungan air lebih tinggi dalam buah-buahan segar dan lebih rendah dalam buah-buahan kering. Di sisi lain, kandungan gula lebih tinggi pada buah-buahan kering dan lebih rendah pada buah-buahan segar. Bagi yang sedang diet membutuhkan serat dan air dari buah-buahan segar agar tetap kenyang lebih lama karena buah-buahan kering tidak akan bertahan lama di perut.

4. Kandungan air
Buah-buahan yang ditinggalkan di bawah sinar matahari akan menyusut dengan alami. Hal ini diakibatkan hilangnya kandungan air sepenuhnya dari buah yang mengubah ukurannya. Jika Anda membandingkan buah kering dan buah segar berdasarkan volume, maka buah kering mengandung lebih banyak gula dan kalori dibandingkan dengan buah segar.

Menurut Database Layanan Gizi Nasional National Agricultural Service Database untuk Referensi Standar menyebutkan 30 buah anggur memiliki sekira 12 gram gula dan 48 kalori dan 30 kismis memiliki 47 kalori dan hanya 10 gram gula. ** Baca juga: Kafein Bikin Tubuh Langsing?

Jadi, buah segar jauh lebih baik dan banyak manfaatnya dibandingkan buah kering. Pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa ada beberapa nutrisi yang hilang dalam proses pengeringan. Misalnya, vitamin C dan folat. Oleh karenanya, bagi Anda yang sedang dalam tahap diet, sebaiknya konsumsi buah segar yang mengandung banyak air dan nutrisi.(ilj/bbs)