oleh

Mana Pulau Paling Sepi di Dunia?

Kabar6-Pulau adalah sebidang tanah yang lebih kecil dari benua, dan lebih besar dari karang, yang dikelilingi air.

 

Nah, di Selatan Samudra Atlantik, ada sebuah pulau bernama Bouvet. Uniknya, pulau ini yang hanya dihuni oleh pinguin, dan dijuluki sebagai pulau tersepi di dunia.

 

Pulau Bouvet ditemukan oleh sepasang ekspedisi Inggris pada abad ke-19. Sebenarnya Bouvet hanya menjadi sebagian kecil bagian dari Norwegia. Letaknya hampir 8.000 mil (12.874 km) dari Oslo.

 

Pulau ini tidak berpenghuni, bervulkanik, dan memiliki gletser yang tertutup gurun seluas hampir setengah ukuran Kota Manhattan, New York, Amerika Serikat.

 

Pulau Bouvet memang sangat sulit untuk dikunjungi para pelancong. Kapal yang menyeberangi Selatan Atlantik harus menghabiskan waktu berhari-hari untuk mencapai Pulau Bouvet. Kecuali jika cuaca sedang sangat bersahabat.

 

Satu-satunya stasiun penelitian di Bouvet pun telah hancur dalam peristiwa gempa bumi pada 2006. Kini pulau itu dihuni oleh sekitar lebih dari 100 ribu ekor pinguin. ** Baca juga: Kebiasaan Ini Dianggap Aneh Oleh Bule

 

Secara internasional, Pulau Bouvet diakui sebagai tempat pelestarian burung dan anjng laut. Nah, tertantang untuk mengunjungi pulau ini? (ilj)

Berita Terbaru