oleh

Malham di Gunung Sodom, Gua Garam Terpanjang di Dunia Berusia 7.000 Tahun

Kabar6-Sebuah gua bernama Malham yang terletak di Gunung Sodom, Israel, dijuluki sebagai gua garam terpanjang di dunia. Tim peneliti yang terdiri dari 80 penjelajah dari sembilan negara ini menyebut, panjang gua ini lebih dari 10 kilometer.

Dan berdasarkan penanggalan karbon, melansir Dailymail, Gua Malham telah berusia 7.000 tahun. Dinding-dinding pada gua ini terbuat dari jenis garam yang sama seperti di meja dapur. Menurut peneliti, hal tersebut merupakan hasil dari aliran air yang melarutkan garam selama jutaan tahun hingga membentuk sebuah gua seperti sekarang ini.

Tim menemukan, Malham tersebut ketika melakukan survei sistem gua di selatan Laut Mati. Sebelumnya, para peneliti memang sudah menjelajah area tersebut. Namun, teknologi pemetaan yang lebih canggih memungkinkan mereka untuk menyelesaikan survei baru-baru ini. Meski begitu, tetap bukan hal yang mudah untuk melakukan pengukuran gua tersebut.

Para peneliti bekerja 10 jam sehari di bawah tanah, dan merangkak melalui lorong-lorong yang sempit untuk menghindari stalaktit garam dan kristal.

“Ternyata, Gua Malham memiliki panjang lebih dari 10 kilometer yang menjadikannya sebagai gua terpanjang di dunia,” kata Profesor Amos Frumkin, peneliti dari Hebrew University Cave Research Center.

Menurut para peneliti, seiring waktu gua tersebut akan semakin panjang. “Gua ini jelas lebih panjang dari perkiraan. Panjangnya bisa melebihi dari ukuran sekarang,” terang Boaz Langford, peneliti lain dari Hebrew University. ** Baca juga: Di Turki Ada Monumen 440 Sepatu Wanita Sebagai Bentuk Penghormatan Korban KDRT

Kini, para peneliti masih mengeksplorasi beberapa tempat yang sulit dijangkau untuk memastikan panjang Gua Malham. Temuan ini menggeser peringkat gua garam terpanjang sebelumnya yang dipegang oleh Gua Namakdan di Iran dengan panjang sekira 6.850 meter.(ilj/bbs)

Berita Terbaru